Hina Yahudi, suporter Spurs ditangkap

Rabu, 22 Januari 2014 - 11:30 WIB
Hina Yahudi, suporter Spurs ditangkap
Hina Yahudi, suporter Spurs ditangkap
A A A
Sindonews.com - Tiga suporter Tottenham Hotspur ditangkap lantaran dianggap menghina kaum Yahudi. Mereka adalah Gary Whybrow (31) , Sam Parsons (24) , dan Peter Ditchman (52).

Ketiganya ditangkap setelah meneriakan kata “Yid” saat Spurs berhadapan dengan FC Sheriff pada 7 November lalu. Kata “Yid” sendiri digunakan sebagai panggilan kepada pemain dan suporter Spurs yang beragama Yahudi. "Yid Army" menjadi julukan suporter sementara pemain Spurs berjuluk "Yiddos".

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) sebelumnya telah mengeluarkan pedoman baru mengenai penyebutan atau penamaan suporter maupun tim pada tahun lalu. FA bahkan menegaskan pelanggaran tersebut bisa menjadi kasus kriminal.

Alhasil, kasus ketiga fans Spurs tersebut sudah ditangani pengadilan Hendon Magistrates. Dijadwalkan tiga pria tersebut bakal menjalani sidang pada 4 Februari mendatang. Sebelumnya Polisi telah memperingatkan kepada suporter untuk tidak menggunakan kata " yid " dalam beberapa bulan terakhir.

Pihak kepolisian juga telah melakukan penangkapan atas berbagai Tweet anti - Semit yang ditujukan untuk fans Spurs. Sementara itu persatuan suporter Spurs menyatakan pembelaan, dalam peryataannya suporter Spurs tak pernah bermaksud melecehkan kaum Yahudi.

"Ini masih keyakinan kami bila bahasa yang digunakan dalam konteks sepak bola tidak ada maksud untuk menyinggung komunitas Yahudi,” demikian peryataan suporter Spurs seperti dikutip situs resmi Tottenham Hotspur, Rabu (22/1).
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3513 seconds (0.1#10.140)