Fakta baru soal transfer Neymar

Minggu, 02 Februari 2014 - 15:36 WIB
Fakta baru soal transfer Neymar
Fakta baru soal transfer Neymar
A A A
Sindonews.com - Kasus yang mendera Barcelona soal transfer Neymar belum tamat, setelah menuduh Real Madrid membocorkan soal transfer tersebut, dan Madrid melawannya kini Barca menghadapi tuntutan dari perusahaan DIS, pemilik sebagian hak komersial Neymar.
Pengacara DIS, Roberto Moreno, mengungkapkan bahwa ia mendapat tawaran uang sebesar 4 juta Euro dari Barca untuk tutup mulut. "Adalah fakta bahwa Barcelona ingin menyelesaikan transfer Neymar. Mereka menawari saya empat juta (Euro). Saya berkomunikasi dengan Andres Cury, perwakilan dari raksasa Katalunya itu," kata Moreno kepada La Xarxa Minggu, (2/2).
Sementara itu, DIS merasa tidak dilibatkan dalam proses transfer tersebut dan kini berencana mengajukan tuntutan kepada Blaugrana.
"DIS akan bawa masalah perkara hukum ini hingga ke pengadilan untuk melawan Barca, Neymar, Santos dan (agen Neymar) Wagner Ribeiro. Kami memasukkan tuntutan itu lewat Brasil dan sekarang akan diteruskan kepada pihak hukum di Spanyol," jelasnya.
Moreno menjelaskan bahwa DIS tidak akan mengajukan tuntutan secara individu kepada Sandro Rosell. Rosell adalah presiden Barca yang mengundurkan diri setelah kontroversi transfer Neymar terkuak Meski tak mengajukan tuntutan, Moreno yakin bahwa Rosell ikut bertanggung jawab atas masalah itu.

"Kalau memang tidak bermasalah, untuk apa (Sandro Rosell mengundurkan diri)?" kata sang pengacara.
Sebelumnya, berdasarkan keterangan Rossel di awal kedatangan Neymar, Barcelona hanya membayar sebesar 57 juta euro, yang terdiri dari 17,1 juta euro buat Santos, klub pemilik Neymar, dan 40 juta euro kepada N&N. Dana sebesar 40 juta euro ke N&N inilah yang menjadi pangkal masalah transfer Neymar. Upaya Casas menanyakan transparansi dana ini pun sempat tidak digubris oleh pihak Barcelona.

Imbasnya, Rossel dinilai bersalah oleh pengadilan lantaran tidak memublikasikan kesepakatan dengan N&N ini. Tidak hanya itu, Rossel juga dianggap bersalah atas dugaan kesalahan dalam pengelolaan keuangan lantaran kucuran dana yang begitu besar kepada sebuah perusahaan swasta.

Ternyata, dana 40 juta euro ini merupakan biaya kompensasi lantaran Neymar hijrah ke Barcelona bukan sebagai pemain free agent, sekaligus sebagai jaminan Neymar bakal bergabung bersama Barcelona ketimbang klub lain.

Setelah Bartemou bertemu dengan Neymar Senior dan berbicara mengenai biaya-biaya yang dikeluarkan dalam kontrak transfer Neymar Junior, Bartemou pun menyebutkan, secara keseluruhan, Barcelona mengeluarkan dana transfer sebesar 86,2 juta euro (sekitar 1,44 triliun).

Perincian Dana Transfer Neymar

57,1 juta euro Biaya transfer

17, 1 euro untuk Santos

40 juta euro untuk ayah Neymar sebagai agen

10 juta euro Bonus penandatanganan kontrak

2,7 juta euro Biaya komisi

4 juta euro Kepentingan pemasaran

2,5 juta euro Sumbangan untuk yayasan Neymar

9,9 juta euro Agen dan pemandu bakat
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5904 seconds (0.1#10.140)