Persib andalkan 'false nine'

Minggu, 09 Februari 2014 - 11:36 WIB
Persib andalkan false nine
Persib andalkan 'false nine'
A A A
Sindonews.com - Persib Bandung dipastikan akan kembali menerapkan formasi 'false nine' (bermain dengan striker bayangan) saat menghadapi Persijap Jepara pada lanjutan Indonesian Super League (ISL) musim 2014/2015 di Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara, Minggu (9/2).

Belum pulihnya bomber asal Mali, Coulibaly Djibril, membuat Persib bermain tanpa striker. Ferdinand Sinaga kembali dipasang sebagai penyerang dengan ditopang Tantan dan Muhammad Ridwan di kedua sisi.

Strategi ini populer digunakan timnas Spanyol saat ini. Meski memiliki striker tajam semisal Fernando Torres dan Alvaro Negredo, namun tim matador itu memasang gelandang serang Cesc Fabregas di depan dengan didukung Andres Iniesta dan David Silva.

Pada dua pertandingan awal musim ini, formasi false nine Persib cukup berhasil. Kutukan tidak pernah menang di laga perdana diputus anak asuh Djadjang Nurjaman saat mengalahkan Sriwijaya 1-0. Melakukan come back gemilang ketika melumat Persita Tangerang 2-1, setelah sebelumnya tertinggal satu gol.

"Saya pikir dia (Coulibaly) belum bisa diturunkan. Kemungkinan kita akan maksimalkan Ferdinand yang telah mencetak gol di laga sebelumnya untuk tampil lagi di depan," ungkap Djadjang kepada sindonews.com, Jumat (7/2).

Menghadapi laga tandang perdana, pelatih 55 tahun ini mengaku tidak melakukan persiapan khusus. Hanya saja dia menekankan kepada pemain agar tidak menganggap enteng lawan. Berkaca pada pertandingan melawan Persita Tangerang, (5/2) lalu, Persib terlihat kesulitan membongkar lini pertahanan lawan.

"Yang saya tekankan itu jangan menganggap enteng lawan. Meskipun pada Indter Island Cup lalu kita sempat mengalahkan Persijap 2-0 tapi kondisinya berbeda sekarang. Dia tentu memiliki motivasi lebih saat main di kompetisi," kata pelatih yang akrab disapa Djanur ini.

Tidak hadirnya Hariono kartu tengah menjalani hukuman larangan bermain akibat kartu merah yang didapatkannya, tidak membuat tim risau. Djanur masih memiliki stok pemain berkualitas untuk menggantikan gelandang pengangkut air tersebut.

"Tidak masalah masih ada beberapa pemain yang bisa menggantikan. Belajar dari laga pra musim lalu, pemain tampil bagus walaupun tidak posisinya. Saya jika nantinya melakukan rotasi tidak ada masalah," ungkap dia
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5420 seconds (0.1#10.140)