Jerman-Yunani menambah ketegangan

Rabu, 20 Juni 2012 - 21:48 WIB
Jerman-Yunani menambah ketegangan
Jerman-Yunani menambah ketegangan
A A A
Sindonews.com - Meskipun negara Yunani sedang berjuang untuk mengatasi krisis ekonomi di zona Eropa, lolosnya tim Yunani di Piala Eropa 2012 dari babak kualifikasi Grup A membuat harapan kian terhampar. Orang Yunani harus bertahan dari komentar miring sebagai tim murahan setelah tim sepak bola mereka yang akan bertemu Jerman di babak perempatfinal.

Komentator TV Italia, RAI, menyatakan sumpah serapah yang dialamatkan kepada Yunani. “Yunani adalah tim sampah, tim murahan,” kata seorang komentator RAI sesaat sebelum tayangan iklan setelah Yunani mencetak gol tunggal kemenangan di babak pertama saat melawan Rusia.

Ada juga komik yang menggambarkan pemain Yunani merebut koin yang dilemparkan wasit ke udara sebelum memulai permainan. Komentar pedas mengalir kepada Yunani yang disebut kualitas sepakbola mereka belum jauh lebih baik.

Tak hanya itu, seperti ditulis Chicago Tribune, pejabat asosiasi sepak bola Jerman (DFB) secara pribadi dikabarkan untuk membahas kembali kerjasama Jerman dengan Yunani.

Pada saat penerbangan dari Lviv menuju Berlin, setelah kemenangan Jerman 2-1 atas Denmark, orang tersebut mengatakan bukan saatnya untuk Kanselir Jerman Angela Merkel untuk menghadiri permainan di Gdansk untuk menyaksikan langsung pertandingan melawan Yunani.

Seperti diketahui, hubungan antara kedua negara sedang memburuk dalam beberapa tahun terakhir karena rencana penghematan Berlin yang didukung menteri keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble banyak mencibit Yunani.

“Orang telah menilai sinis pada kami dan kami sangat sedih tentang apa yang telah dikatakan saat melawan Rusia. Tapi kami berhasil membungkam mereka. Sekarang kita harus diam dan tetap bekerja,” kata bek Yunani, Kyriakos Papadopoulos.

Tetap berdiam diri akan menjadi cara Yunani menghadapi cemoohan. "Tim Yunani kini justru menuai kehormatan. Kami akan membuktikan diri dengan penampilan-penampilan selanjutnya. Bukan pada tempatnya memberi kritik bahkan mengejek kepada tim Yunani,” kata pelatih Yunani asal Portugal, Fernando Santos.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7113 seconds (0.1#10.140)