Jateng kirim petinju jebolan Porprov

Rabu, 19 Februari 2014 - 08:07 WIB
Jateng kirim petinju jebolan Porprov
Jateng kirim petinju jebolan Porprov
A A A
Sindonews.com - Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Jateng mengincar petinju jebolan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) untuk diproyeksikan bertarung dalam Pra-PON. Namun, Pertina masih menyimpan rapat nama atlet-atlet tersebut dengan alasan masih dalam tahap verifikasi.

Atlet potensial tersebut bakal digembleng dalam Pelatihan Daerah (Pelatda), yang sudah menjadi agenda KONI Jateng. ''Untuk Pelatda dan PON, diprioritaskan hasil dari Porprov. Kita nanti akan lakukan serangkaian tes kis dulu,” ungkap Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pertina Jateng, Himawan.
Di kompleks GOR Jatidiri, Semarang, sudah dibangun bangunan yang digunakan untuk sasana tinju. Lokasinya berada di seberang Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jateng. Kemarin, bangunan yang belum jadi 100 % itu sudah dipasang ring tinju, kendati belum ada penutup pintu.

Himawan menyebutkan, Pelatda nanti akan dipusatkan di Jatidiri. Meski bangunan belum jadi 100 %, terpaksa tetap digunakan karena kondisinya sangat mendesak. Selain Pelatda, atlet dari Program Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) juga dipusatkan di situ.

Sampai saat ini, pihaknya masih melakukan verifikasi dan pendataan terhadap atlet yang akan disiapkan mengikuti Pelatda. ''Agenda kita sesuaikan dengan Pelatda KONI. Kita dapat kuota Pelatda dari KONI 3 atlet dan 1 pelatih,” jelasnya.

Menurut dia, sesuai dengan keputusan dari PB Pertina, atlet yang bisa diturunkan dalam ajang Pra PON maupun PON harus berusia maksimal 32 tahun. Sehingga, mereka yang akan mengikuti Pelatda nantinya, paling tidak maksimal harus berusia 28 tahun.

''Kalau lebih dari itu, nanti akan kami verifikasi karena jangan sampai nantinya tidak memenuhi kualifikasi. Sementara tidak kita ekspose dulu karena baru kami data sampai saat ini,” jelasnya.

Cabang olahraga tinju dalam Pra-PON maupun PON di Pekanbaru Riau, 2012 lalu cukup berprestasi. Pada kualifikasi Pra Pon bahkan bisa menyabet 7 emas. Namun pada PON, hanya mendulang 2 perak dan satu perunggu.

Pelatih tinju Pertina Jateng Ardrygu Agung menambahkan, saat ini Pertina sedang menggembleng 12 atlet tinju pelajar. Pelatihan di pusatkan di kompleks Jatidiri dan juga di bangunan yang akan dijadikan latihan untuk pelatda. ''Latihan kita pusatkan di sini. Kadang di Gor, kadang di sasana yang belum jadi, agar tidak bosan,” tutur Ardrygu.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9496 seconds (0.1#10.140)