Ujian totalitas Dortmund

Selasa, 25 Februari 2014 - 15:44 WIB
Ujian totalitas Dortmund
Ujian totalitas Dortmund
A A A
Sindonews.com - Totalitas Borussia Dortmund bakal diuji ketika bertandang ke Rusia untuk menghadapi Zenit St. Petersburg pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (26/2) dini hari nanti. Setelah terlempar dalam persaingan perebutan gelar Bundesliga musim ini dengan terpaut 20 poin dari Bayern Muenchen di puncak klasemen, membuat Die Borussen hanya fokus di Eropa.

Selain mengincar posisi ketiga Bundesliga demi mengamankan Liga Champions pada musim depan, praktis fokus skuat asuhan Jurgen Klopp hanya tertuju kepada kompetisi tertinggi Eropa. Meski baru saja menuai kekalahan di telak di Bundesliga, tapi sejumlah faktor mendukung Die Borussen untuk membawa pulang hasil positif dari Stadion Petrovsky.

Dortmund membawa bekal negatif usai dilumat Hamburg SV tiga gol tanpa balas di Bundesliga, meski begitu mereka masih tetap diunggulkan. Pasalnya penggawa Dortmund lebih siap dibandingkan Zenit yang terakhir kali mencicipi atmosfer kompetitif pada Desember silam. Liga Primer Rusia masih dalam masa liburan musim dingin dan baru akan berputar lagi satu setengah pekan mendatang.

"Kami tidak memiliki kesempatan lagi pada ajang Bundesliga. Tapi kami tidak akan menyerah dalam dua kompetisi yang kami ikuti sebelum kami mencapai hasil terbaik," terang Klopp pada situs resmi FIFA.com.

Badai cedera yang melanda Dortmund pada musim ini, menjadi alasan mereka terlempar dari persaiangan. Beberapa pemain kunci seperti Ilkay Gundogan masih bergulat dengan cedera panjang. Pada akhir pekan kemarin, Dortmund juga baru dipastikan tidak bisa diperkuat Sven Bender setidaknya selama dua bulan mendatang.

"Prioritas saya pada 2014 ini adalah mempunyai tim yang bisa menyelesaikan paruh kedua musim ini dengan kondisi fisik yang jauh lebih baik. Kami hampir tidak bisa tampil penuh sepanjang musim ini dengan cedera yang menimpa para pemain," sambungnya.

Pertemuan kedua tim ini akan menjadi yang pertama, namun mereka mempunyai pengalam menghadapi klub dari negara lawan. Apabila melihat rekor pertemuan Dortmund menghadapi wakil Rusia, skuat asuhan Klopp sukses mengamankan tiga kemenangan tanpa pernah kalah dalam empat pertemuan versus wakil Rusia.

Bahkan Die Borussen selalu menang dalam dua lawatan sebelumnya ke Negeri Beruang Merah, menghadapi Alania Vladikavkaz dan Lokomotiv Moscow. Sementara rekor pertemuan Zenit dengan wakil Bundesliga terbilang cukup buruk. Dari total 12 laga, mereka kalah lima kali dan hanya sanggup memetik empat kemenangan. Namun skuat asuhan Claudio Ranieri diuntungkan kesiapan para penggawa mereka yang bakal tampil dengan kekuatan penuh.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6467 seconds (0.1#10.140)