Tandukan Zidane nodai kegemilangan Prancis

Senin, 14 April 2014 - 11:11 WIB
Tandukan Zidane nodai kegemilangan Prancis
Tandukan Zidane nodai kegemilangan Prancis
A A A
Sindonews.com - Zinedine Zidane tentu menjadi sosok yang paling diingat pada perhelatan Piala Dunia 2006 yang berlangsung di Jerman. Bukan karena permainan gemilangnya yang menghantarkan Prancis ke partai final menghadapi Italia, tapi lantaran tandukannya ke dada Marco Materazzi di partai puncak.

Prancis sebenarnya tampil apik pada ajang Piala Dunia ke-18 ini bersama klub Eropa unggulan lainnya. Tanpa kesulitan tim berjuluk Ayam Jantan itu melaju ke babak kedua. Pada perempat final Prancis sukses menyingkirkan tim kuat Brasil 1-0. Selanjutnya giliran Portugal yang ditaklukkan dengan skor sama berkat gol penalti Zidane.

Sementara timnas Italia memesan satu tiket ke babak final usai menghempaskan tuan rumah Jerman lewat drama perpanjangan waktu. Dua gol dari Fabio Grosso dan Alesandro del Piero menyudahi mimpi tuan rumah. Partai pamungkas mempertemukan Italia kontra Prancis yang merupakan ulangan partai final Piala Eropa 2000.

Prancis unggul lebih dulu lewat penalti Zidane, setelah Matterazzi dinilai menjatuhkan Florent Malouda di kotak terlarang. Italia kemudian menyamakan kedudukan dua belas menit berselang setelah Materazzi membayar lunas kesalahannya lewat tandukan kepala. Insiden mengejutkan lalu terjadi di masa perpanjangan waktu yang melibatkan Zidane dan Matterazi.

Entah terprovokasi apa oleh bek Italia itu, Zidane yang terkenal sangat tenang menanduk dada Materazzi. Wasit yang melihatnya sebagai pelanggaran keras langsung memberikan kartu merah. Laga kemudian harus diakhiri dengan adu penalti yang dimenangkan oleh Azzuri dengan skor 5-3. Jika Zidane tak keluar lapangan mungkin hasilnya bakal lain.

Insiden tandukan itu juga menandai habisnya karir Zidane yang menyatakan pensiun usai Piala Dunia. Meski begitu Zidane tetap dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen empat tahunan, meski insiden tandukan itu tak akan pernah hilang dari karir gemilang. Hingga kini masih menjadi misteri apa yang membuat Zidane melakukan tindakan bodoh itu. Namun belakangan hal itu diketahui karena Materazzi menghina ibu dan istri Zidane.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6656 seconds (0.1#10.140)