Skuat Garuda dihadang jadwal padat

Rabu, 23 April 2014 - 20:50 WIB
Skuat Garuda dihadang...
Skuat Garuda dihadang jadwal padat
A A A
Sindonews.com - PSSI melalui Badan Tim Nasional (BTN) merilis berbagai laga uji coba bagi tim nasional (timnas) senior Indonesia, U-23, dan juga U-19. Semua laga pemanasan bagi ketiga timnas tersebut akan di gelar pada bulan Mei mendatang. Laga uji coba bagi ketiga timnas tersebut, dimulai dari skuad Garuda.

Tim besutan Alfred Riedl tersebut, resmi akan memulai laga uji coba kontra ASEAN All Star pada 11 Mei mendatang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Uji coba itu sekaligus memperingati Tragedi Badai Topan Haiyan, Filipina. Uji coba kedua timnas senior pada bulan Mei, dilanjutkan dengan menjamu Republik Dominika di Stadion Manahan, Solo, 15 Mei.

Sebelum menggelar dua laga pemanasan tersebut, Boaz Solossa dkk diawali dengan mengelar pemusatan latihan nasional (pelatnas) mulai 6-16 Mei 2014. "Awalnya kami punya dua tim yang jadi opsi untuk jadi lawan tanding timnas senior pada 15 Mei. Yaitu Republik Dominika dan Puerto Rico. Setelah ditunggu mana yang memberikan kepastian, akhirnya Republik Dominika yang beri kepastian," ungkap Sekertaris Jendral (Sekjen) PSSI, Joko Driyono, Rabu (23/4).

Sementara untuk timnas U-23 di bawah kendali Aji Santoso, akan menggelar pelatnas tahap ketiga di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Jika timnas senior menggelar laga uji coba internasional, untuk Garuda Muda -julukan timnas U-23- hanya melakoni dua laga pemanasan dengan tim-tim lokal.

Dua laga uji coba sebagai persiapan sebelum berlaga diajang Asian Games 2014 di Inchoen, Korea Selatan, diawali dengan menghadapi tim Pekan Olahraga Nasional (PON) Sulses, (12/5). Selang empat hari kemudian, giliran PSM Makassar yang akan menjajal Ramdani Lestaluhu dkk.

"Bagi saya, tempat pemusatan latihan tidak ada masalah di (Makassar). Kami melakukannya di Makassar ingin mencari suasana baru. Timnas itu milik rakyat Indonesia. Tidak ada salahnya kalau kami melakukan pelatnas disana. Saya ingin masyarakat kenal lebih dekat pemain timnas," ungkap pelatih timnas U-23, Aji Santoso.

Sementara itu soal siapa-siapa saja pemain timnas U-23 yang akan mengikuti pelatnas tahap ketiga Aji belum mau menyampaikan. Saat dikonfirmasi kepada BTN, Sefdin Syaifudi selaku Sekertaris BTN, juga menyampaikan jika Aji belum menyerahkan nama-nama tersebut kepada BTN.

Jika di atas menyangkut laga-laga uji coba untuk timnas senior dan U-23, sementara skuad Garuda Jaya -julukan timnas U-19- juga dijadwalkan menggelar uji coba internasional. Diawali dengan menjamu Myanmar, 5 Mei. Myanmar sendiri tuan rumah Piala AFC U-19, Oktober mendatang.

Selain berujicoba dengan Myanmar, tim besutan Indra Sjafri diagendakan menggelar uji coba dengan dua klub internasional. Tapi sejauh ini, baru Liverpool U-18 plus lima pemain U-21 yang akan meladeni Garuda Jaya pada 25 Mei mendatang. Sementara satu klub lain masih menunggu konfirmasi.

"Bulan Mei adalah bulan pertandingan uji coba international untuk timnas U19. Yang sudah konfirmasi baru Myanmar, pada 5 Mei di Jakart. Dan ada juga Liverpool U-18 plus U-21, tanggal 25 Mei juga di Jakarta. Kami juga masih menunggu uji coba lainnya," jelas Sefdin.

Berikut daftar jadwal uji coba timnas senior, U-23 dan U-19 di bulan Mei :

Timnas Senior :
11 Mei vs ASEAN All Star (Lokasi di Jakarta)

15 Mei vs Republik Dominika (Lokasi di Solo)

Timnas U-23 :
12 Mei vs PON Sulsel Makassar (Lokasi di Makassar)

16 Mei vs PSM Makassar (Lokasi di Makassar)

Timnas U-19 :
5 Mei vs Myanmar – (Lokasi di Jakarta)

25 Mei vs Liverpool U -18 – (Lokasi di Jakarta)
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)