Timnas Indonesia U-23 vs Malaysia: STY Anggap Piala AFF Cuma Laga Persahabatan

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 15:16 WIB
loading...
Timnas Indonesia U-23 vs Malaysia: STY Anggap Piala AFF Cuma Laga Persahabatan
Timnas Indonesia U-23 vs Malaysia: STY Anggap Piala AFF Cuma Laga Persahabatan
A A A
JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong , memberikan pandangan bahwa Piala AFF U-23 2023 bisa dianggap sebagai sebuah pertandingan persahabatan. Ia pun menjelaskan bahwa semua tim, termasuk Garuda Muda menghadapi kendala serupa dengan tidak dapat memanggil pemain terbaik.

Timnas Indonesia U-23 tampil di Piala AFF U-23 tanpa sebagian pemain utamanya karena beberapa di antaranya tidak mendapatkan izin dari klub masing-masing. Shin Tae-yong menjelaskan bahwa situasi ini membuat turnamen Piala AFF U-23 terasa lebih seperti pertandingan persahabatan, terutama karena ajang ini tidak termasuk dalam jadwal resmi FIFA.

"Menurut pandangan saya, turnamen ini lebih seperti pertandingan persahabatan," ujar Shin Tae-yong seperti yang dikutip dari Soha,Jumat (18/8/2023).



Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan bahwa sebab Liga 1 2023/2024 masih berjalan, ia tidak dapat memanggil pemain yang diinginkan dan harus mengandalkan pemain cadangan. Bahkan, ia mengakui bahwa Timnas Indonesia U-23 tidak memiliki persiapan yang optimal untuk berkompetisi di Piala AFF U-23 2023.

"Karena Liga Indonesia masih berlangsung, saya tidak bisa memanggil pemain yang saya harapkan. Sebagian besar pemain yang ada di sini adalah cadangan di klub. Jujur, Timnas Indonesia U-23 tidak memiliki persiapan yang optimal," jelasnya.

Shin Tae-yong juga menunjukkan bahwa masalah izin pemanggilan pemain di tengah kompetisi bukan hanya dialami oleh Timnas Indonesia U-23, melainkan juga oleh tim-tim lain dalam Piala AFF U-23 2023, termasuk Vietnam dan Malaysia.

"Ini masalah yang dihadapi oleh setiap tim yang berpartisipasi dalam Piala AFF U-23 2023. Timor Leste, Malaysia, dan bahkan Vietnam, semuanya menghadapi situasi serupa karena turnamen domestik mereka masih berlangsung," ungkapnya.

Meskipun menghadapi kendala tersebut, Piala AFF U-23 tetap memiliki nilai penting. Ini disebabkan Timnas Indonesia U-23 dan tim-tim ASEAN lainnya menggunakannya sebagai bagian dari persiapan mereka sebelum menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 yang akan diadakan pada bulan September mendatang.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)