Young guns Persebaya berebut starter

Senin, 28 April 2014 - 12:08 WIB
Young guns Persebaya berebut starter
Young guns Persebaya berebut starter
A A A
Sindonews.com - Berada lama di bangku cadangan membuat tidak nyaman bagi pemain sepak bola, termasuk pemain sayap Persebaya, Achmad Hisyam Tolle. Kini, peluang menjadi starter terbuka menyusul absennya Alfin Tuasalamony dalam laga melawan PSM Makassar di Stadion Gelora Bung Tomo, 3 Mei, mendatang.

Dalam latihan beberapa hari terakhir, Manajer Coach Persebaya, Rahmad Darmawan tampaknya sibuk mencari pengganti Alfin yang didera cedera angkel kaki kiri dalam laga melawan Perseru Serui, pekan lalu. Beberapa pemain muda dicoba mengisi posisi sayap kiri yang ditinggalkan pemain Timnas U 23 itu.''Memang sedang kita coba beberapa pemain sebagai pengganti Alfin,''ucapnya.

Dari sekian banyak penghuni bangku cadangan, peluang terbesar penganti Alfin dimiliki tiga pemain, Vava Mario Yagalo, Novri Setiawan, dan Hisyam Tolle. Keduanya sering diberikan peran sebagai bek sayap kirik dalam sesi latian game. ''Kita masih memantau siapa yang cocok menjadi pengganti Alfin di sisi kiri,''ucap RD, panggilan akrab Rahmad.

Diakui RD, tidak mudah menentukan pemain pengganti Alfin. Sebab, pemain jebolan SAD Uruguay itu dinilai memiliki kemampuan lengkap sebagai bek sayap. Selain kuat dalam bertahan, juga rajin membantu serangan. Bahkan, Alfin juga tergolong pemain produktif dalam urusan mencetak gol. Tercatat tiga gol sudah dibukukan, termasuk satu gol pembuka ketika Persebaya menekuk Perseru, 4-1 di Stadion GBT.

''Jujur saja dengan absennya Alfin kita sendiri masih bingung untuk menambal kekosongan tersebut. Kita masih cermati terus beberapa pemain, agar di sayap kiri tidak banyak celah yang bisa dimanfaatkan lawan. Apalagi PSM, termasuk tim yang punya kecepatan,''tegasnya.

Wajar jika RD pusing ditinggal Alfin. Maklum, ketergantungan Persebaya kepada pemain kelahiran Ambon ini cukup tinggi. Dari sembilan laga, posisi Alfin tidak tergantikan, selalu bermain sebagai starter. Saat ditarik keluar dalam laga melawan Perseru, posisi Alfin sendiri digantikan pemain muda Vava Mario Yagalo, yang musim lalu berkiprah bersama Sriwijaya U 21.

Namun, bukan berarti Vava otomatis akan menjadi pengganti Alfin di laga lawan PSM. Sebab, posisinya bukan sebagai bek sayap namun cederung bek tengah. Bisa jadi pertimbangan akan berbeda, karena mengantikan Alfin di laga lawan Perseru karena RD ingin memperkut pertahanan karena pertandingan tinggal menyisahkan 15 menit dan Persebaya unggul.

Jika ingin mengoptimalkan serangan dari sayap, peluang besar sebenarnya dimiliki Achmad Hisyam Tolle. Selain dikenal memiliki kecepatan, musim lalu Tolle yang dijuluki wonderkid itu juga menjadi andalan Persebaya ketika mengarungi kompetisi Divisi Utama. Artinya, secara mental maupun jam terbang sudah cukup untuk tampil sebagai pemain inti. Tapi di pentas ISL, Tolle belum pernah dipercaya RD sebagai starter. ''Saya siap saja jika memang tampil di posisi Alfin, tapi semua tergantung pelatih,''ucap Tolle.

Selain harus bersaing dengan Vava mendapatkan posisi starter mengantikan Alfin, Tolle juga masih punya satu pesaing lagi, yaitu pemain muda Novri Setiawan. Rekan Vava di Sriwijaya FC U-21 musim lalu itu juga punya kans besar. Apalagi, Novri juga dikenal punya fisik dan kecepatan bagus.''Akan kita pilih pemain yang benar-benar siap dan sesuai dengan kebutuhan tim,''tandas RD.

Terpisah, dokter Tim Persebaya, Nanang Hidayat menyatakan jika Alfin harus istirahat total untuk mempercepat proses pemulihan."Minimal dua sampai tiga minggu untuk memulihkan kondisinya. Tidak bisa diapaksakan, nanti malah bisa tambah fatal,''terangnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7780 seconds (0.1#10.140)