Kei Nishikori rela menanti 22 tahun

Senin, 12 Mei 2014 - 11:31 WIB
Kei Nishikori rela menanti 22 tahun
Kei Nishikori rela menanti 22 tahun
A A A
Sindonews.com - Rafael Nadal baru saja ditasbihkan sebagai juara Madrid Terbuka 2014. Hal itu memang tidak terlalu mengejutkan mengingat dari sisi pengalaman, teknik dan mental, pemain asal Spanyol itu sudah terasah. Hal lainnya, soal tradisi Spanyol telah banyak mencetak petenis papan atas dunia. Tapi buat Kei Nishikori yang menjadi lawan Nadal di final, apa yang terjadi di partai pamungkas itu bukanlah hal biasa.

Nishikori telah mendobrak tradisi tenis negeri Jepang. Ia menjadi petenis pertama yang bisa menembus peringkat 10 besar Asosiasi Tenis Profesional (ATP). Ini bukan prestasi Nishikori seorang, tapi prestasi Negeri Matahari Terbit.

Petenis yang saat ini berada di peringkat 9 dunia itu bak segelas air untuk menghapus dahaga prestasi tenis Jepang. Ia harus menunggu 22 tahun untuk bisa menjadi orang Jepang yang masuk deretan elit dunia. Kali terakhir Jepang diwakilkan Shuzo Matsuoka yang saat itu hanya ada di deretan 45 dunia.

Nishikori mengawali karir tenisnya sejak usia 5 tahun. Anak dari pasangan Kiyoshi yang seorang ahli mesin dan Eri, seorang guru piano itu terus mengasah kemampuannya. Tanda-tanda petenis ini akan berada di level dunia sudah terlihat sejak junior.

Pada 2004 Nishokori telah berhasil menyabet juara di Rabat, Maroko. Dua tahun kemudian, ia sukses melangkah sampai babak perempat final Prancis Terbuka junior. Namun di nomor ganda, Ia yang berpasangan dengan Emiliano Massa berhasil menyabet gelar ganda.

Prestasi pemuda kelahiran Shimane, 24 tahun itu pun terus moncer. Pada 2007 ia menjadi kampiun di Luxilon Cup dan Sony Ericsson Terbuka setelah mengalahkan Michael McClune.

Di junior Nishikori telah mencatat 73 kemenangan dan hanya kalah 37 kali di nomor tunggal. Sedangkan di ganda, Nishikori telah menuai 53 sukses dan 31 tidak beruntung. Bahhkan di junior, Nishikori sempat nangkring di peringkat tujuh dunia pada 2006.

Di level profesional, Nishikori mulai memancarkan sinarnya pada 2011. Tampil di Shanghai Rolex Masters, Nishikori melaju sampai semifinal. Setelah itu turnamen demi turnamen diikuti dan puncaknya saat ia menyita perhatian dunia setelah masuk final Madrid Terbuka. Sayangnya, Nishikori gagal melanjutkan pertandingan di set ketiga dan dengan ikhlas harus merelakan Nadal mencium trofi.

"Itu adalah tujuan saya masuk dalam Top 10. Itu saya dapatkan hanya sepekan. Karenanya saya harus menjaganya dengan bermain sebaik-baiknya,"paparnya dilansir laman ATP, Senin (12/5).

Biodata
Nama
Kei Nishikori
Negara
Jepang
Lahir
29 December 1989, Matsue, Shimane.
Peringkat Tertinggi
9 (12 May 2014)

Hasil Single Grand Slam
Australia Terbuka
Perempat final (2012)

Prancis Terbuka
Babak Keempat (2013)

Wimbledon
Babak Ketiga (2012, 2013)

AS Terbuka
Babak Keempat (2008)

Turnamen Lainnya
Olimpiade
Perempat final (2012)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8391 seconds (0.1#10.140)