Tambaqui-Jus Buah Tropis Menu Khas Manaus

Senin, 16 Juni 2014 - 09:06 WIB
Tambaqui-Jus Buah Tropis Menu Khas Manaus
Tambaqui-Jus Buah Tropis Menu Khas Manaus
A A A
MANAUS - Terletak di jantung hutan tropis Amazon, Manaus menawarkan berbagai santapan khas yang jauh berbeda ketimbang tempat-tempat lain di Brasil. Pengunjung bisa menikmati banyak variasi menu ikan yang menjadi protein utama di kota ini. Salah satunya tambaqui, ikan air tawar yang dipanggang.

KORAN SINDO berkesempatan mencicipi tambaqui. Harga satu porsi mencapai 40 Real (sekitar USD20). Gurihnya ikan langsung terasa pada gigitan pertama. Saus yang disiram tambah memperkaya santapan ini.

Juga dipanggang, pirarucu mengambil bahan utama dari salah satu ikan air tawar terbesar yang ada, yakni arapaima. Santapan ini dimasak bersama bumbu-bumbu lokal, mencakup tepung singkong dari Uarini, salah satu kabupaten di Provinsi Amazonas, dan disajikan bersama pisang goreng dengan potongan tipis. Di luar itu, panganan ikan air tawar populer lain dimasak menggunakan berbagai metode, yaitu caldeirada (rebus), caldinho (kaldu), dan tucunare (goreng).

Makanan ringan Manaus yang populer adalah x-caboquinho, yaitu sandwich berisi keju lokal, pisang goreng, dan tucuma (buah sawit). Tapioca juga digemari. Santapan bebentuk pancake ini dibuat dari tepung singkong dan dapat diisi sesuai selera. Pilihannya yakni keju, pisang goreng, telur, kacang Brasil, atau cupuacu, buah yang satu saudara dengan kakao.

Untuk menyegarkan kerongkongan, jus buah tropis khas Amazon bisa menjadi pilihan. Daftarnya di antaranya tucuma, cupuacu, guarana, acai, abiu, tapareba, araca, bacuri, buriti, camu-camu, cubiu, dan inga. Selain diminum, buah-buahan ini kerap pula disajikan dalam bentuk selai dan saus.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8294 seconds (0.1#10.140)