Hulk Siap Jawab Keraguan Publik Brazil

Selasa, 17 Juni 2014 - 16:18 WIB
Hulk Siap Jawab Keraguan...
Hulk Siap Jawab Keraguan Publik Brazil
A A A
FORTALEZA - Nama Givanildo Vieira de Souza atau lebih populer dengan nama Hulk memang tidak setenar Rolando, Ronaldinho, ataupun Neymar. Pemain bertubuh gempal itu memang jarang mendapatkan kesempatan bermain bersama timnas Brazil. Namun, secara perlahan Hulk mulai mendapatkan pengakuan dari negeri Samba.

Hulk memulai debut internasionalnya bersama Brazil pada 2009. Pada 2012, ia terpilih masuk skuad Brazil untuk Olimpiade London meski usianya sudah terhitung senior. Karir sepak bolanya lebih banyak dihabiskan di luar negeri, seperti di Jepang, Portugal, dan Rusia.

Sayang, prestasinya di luar negeri tersebut malah membuatnya kurang dipercayai oleh publik Brazil. Banyak yang menyangsikan saat Luiz Felipe Scolari memilihnya bergabung di skuad Piala Dunia 2014. Tapi, pemain berusia 27 tahun tersebut siap menjawab keraguan publik tuan rumah terkait penampilannya. Pernyataan itu disampaikan dalam wawancara dengan FIFA.com

FIFA.com: Pernahkah Anda memperhatikan perubahan persepsi tentang kembalinya Anda ke Brazil? Anda mungkin ragu, tetapi Anda sekarang adalah starter A Selecao yang diharapkan untuk melakukan hal-hal besar di Piala Dunia ini.

Hulk: Ya, tapi tidak banyak orang [di Brazil] tahu tentang saya. Kebanyakan penggemar mulai mengenal saya saat Olimpiade pada tahun 2012 dan kemudian di Piala Konfederasi tahun 2013. Jadi, saya bisa melihat bahwa sekarang ada pengakuan yang lebih besar untuk permainan saya, dan itu membuat saya sangat bahagia.

FIFA.com: Benarkah Anda lebih banyak tampil bersama klub sepak bola Rusia?

Hulk: Tidak ada keraguan tentang hal itu. Saya senang telah memiliki musim yang baik dengan Zenit. Satu-satunya hal yang buruk adalah kegagalan mengambil gelar liga, karena kami turun beberapa poin (Zenit menempati posisi kedua, tertinggal satu poin dari CSKA Moskow). Tapi bagi saya pada tingkat individu, hal-hal berjalan sangat baik. Saya mencetak banyak gol (17 dalam 24 pertandingan liga) dan tidak ada kesulitan beradaptasi dengan permainan Rusia.

FIFA.com: Anda menyebutkan tentang mencetak gol, namun faktor utama bergabungnya Anda dengan A Verde e Amarelo adalah kecepatan dan kemampuan Anda dalam memulihkan pertahanan.

Hulk: Itu benar. Felipao menghabiskan banyak waktu di sepak bola Eropa (sebagai pelatih Portugal dan secara singkat Chelsea) dan menekankan serangan di depan dan juga pertahanan, sebuah ide yang jauh lebih umum di Eropa daripada di Brazil. Di tim nasional, Fred, yang merupakan penyerang tengah kami, diperintahkan untuk bertahan. Aku benar-benar diposisikan untuk itu seperti di Porto dan saya pikir itu bekerja dengan baik. Apabila kita tidak menguasai bola, maka kita semua harus bertahan.

FIFA.com: Itu berarti Anda dan bek kanan - dalam hal ini Daniel Alves - harus bermain lebih dekat bersama-sama dan menjadi lebih tergantung pada satu sama lain, kan?

Hulk: Untuk orang seperti saya, yang cenderung bermain melebar, bisa lebih baik bermain bersama-sama dengan penyerang seperti Daniel. Itu akan membuat pemain bertahan lawan lebih khawatir, dan sebagai hasilnya, akhirnya menciptakan lebih banyak ruang. Tentu saja, ketika memiliki bola kita harus memastikan bahwa kita berkoordinasi dengan baik sehingga sulit direbut. Ini adalah kemitraan sejati.

FIFA.com: Setiap orang yang terlibat dalam skuad yang memenangkan Brazil di Piala Konfederasi 2013 mengaku sangat menyukai suasana di kamp. Bagaimana itu terjadi?

Hulk: Ini tim yang memiliki pemain muda yang bagus. Skuad Selecao selalu sekelompok besar, sejak pertama kali saya dipanggil, tapi kami melalui periode tertentu, yang benar-benar menunjukkan kekuatan kami dan dengan bersatu-padu hasilnya adalah apa yang terjadi di Piala Konfederasi. Felipao telah mampu menjaga hal-hal seperti itu. Belum ada banyak perubahan yang dibuat sejak saat itu dan hubungan kami masih benar-benar baik: tidak pernah ada masalah.

FIFA.com: Bagaimana peran Scolari untuk menjaga semangat kebersamaan?

Hulk: Tidak begitu banyak yang dia katakan, dia lebih menyampaikan lewat cara. Dia menyambut para pemain sedemikian rupa sehingga membuat semua orang merasa seperti di rumah dan tahu apa yang diharapkan dari mereka, yang akan mereka alami meskipun itu pemain pendatang baru. Sebagai contoh, ia meminta kami semua untuk makan siang dan makan malam pada bersama, dan kami semua harus tinggal sampai semua orang selesai. Itu menjadi kebiasaan yang baik. Felipao, lebih baik dari orang lain, yang paling tahu bagaimana memperkuat rasa persatuan.

FIFA.com: Anda telah bermain melawan banyak pemain yang negaranya bergabung di grup A (Kroasia, Meksiko dan Kamerun). Apa jenis pertemuan yang Anda harapkan?

Hulk
: Pertama dan terpenting, mereka semua game yang sangat sulit. Bukan hanya karena mereka tim besar dengan pemain yang sangat baik, tetapi juga karena mereka akan menghadapi Brasil di rumah, mereka cenderung bermain cukup defensif. Jadi, ketika kesenjangan melakukan membuka, kita akan harus mengambil keuntungan penuh. Itu terjadi di Piala Konfederasi, ketika kami hampir selalu mampu meraih gol awal - yang terbukti sangat penting. Ini membantu kami membentuk identitas kami lebih jauh: bahwa kita menekan lawan tinggi lapangan sejak awal permainan.

FIFA.com : Terakhir, dalam pandangan Anda siapakah tim terkuat di Piala Dunia ini?

Hulk: Pada Piala Dunia sulit untuk melihat yang lain selain tim-tim besar. Ada Brazil, Spanyol, Jerman, Italia, Belanda, Argentina. Semuanya adalah tim besar dan terbiasa melakukannya dengan baik. Tapi, selain mereka, saya berpikir bahwa Uruguay dan Belgia juga mampu membuat kejutan.

Baca Juga:

Brazil atau Meksiko yang Lolos ke 16 Besar?

Scolari Ogah Remehkan Meksiko
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0773 seconds (0.1#10.140)