Pesan Bijak Romo Nicolau

Selasa, 24 Juni 2014 - 09:44 WIB
Pesan Bijak Romo Nicolau
Pesan Bijak Romo Nicolau
A A A
SAO PAULO - Waspada boleh. Tapi jangan sampai khawatir berlebihan sehingga akhirnya takut dan hanya berdiam diri di rumah.

Begitulah pesan Romo Nicolau Baker, teman serumah Romo Fernando Doren tempat saya menginap selama bertugas di Sao Paulo. Dia seakan coba menenangkan saya terkait tingginya tingkat kejahatan di Campanairo, Diadema. "Musibah bisa terjadi kapan saja. Jadi beraktivitaslah seperti biasa," kata sosok campuran Brazil-Belanda tersebut.

Romo Nicolau menyontohkan petaka yang koleganya baru-baru ini. Dia menyebut koleganya baru saja ditodong dan harus merelakan kendaraannya. Sosok yang tinggal di Negeri Samba sejak 1958 itu juga mengaku pernah diiris tangannya oleh pencuri yang masuk kediamannya.

Tingkat kejahatan Brazil memang tinggi. Aparat keamanan pun tidak berkutik. Romo Nicolau menyebut sekitar 100 polisi gugur setiap tahunnya. Pesan Romo Nicolau mengiringi perjalanan saya menuju Museum Sepak Bola di kawasan Pacaembu. Di Metro, dua orang fans Cile menyapa dan menanyakan asal saya. Setelah menyebut Indonesia, pembicaraan terhenti sampai di situ.

Namun ternyata mereka juga berniat ke tempat sama. Seorang penggemar asal Kolombia turut bergabung dan kami akhirnya pergi bersama-sama. Juan, salah satu pendukung Chile, termasuk sosok nekad. Dia tidak menabung untuk menyaksikan Piala Dunia. Terhitung sudah USD2.500 dihabiskannya. "Selagi ada kesempatan merasakan atmosfer Piala Dunia, maka saya harus mengambilnya," katanya.

Kedatangan ke Brazil membuat Juan berkantong tipis. Dia tidak ikut makan ketika saya membeli roti demi mengganjal perut. Juan mengaku tidak memiliki uang. Saya menyumbang lima Real agar dirinya juga dapat mengisi energi.

Kondisi cekak nyatanya tidak membuat Juan merapatkan dompet. Dia semula berencana pulang ke kampung halaman selepas putaran perempat final. Namun Juan siap mengubah rencana jika tim kesayangannya melaju ke babak 4 besar. "Kita lihat nanti," pungkasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7851 seconds (0.1#10.140)