Sneijder: Belanda Wajib Juara Piala Dunia

Minggu, 29 Juni 2014 - 02:59 WIB
Sneijder: Belanda Wajib Juara Piala Dunia
Sneijder: Belanda Wajib Juara Piala Dunia
A A A
RIO DE JANEIRO - Wesley Sneijder merupakan salah satu pemain andalan Belanda saat menjadi runner-up Piala Dunia 2010 dan sukses meraih bola perak. Kini, gelandang Galatasaray itu mendapatkan tantangan untuk mengubah hasil empat tahun lalu menjadi juara untuk kali pertama.

Karir Sneijder yang kurang mulus dalam dua tahun terakhir sempat membuat pelatih :Louis van Gaal ingin mencoret namanya di skuat Oranje ke Piala Dunia 2014. Van Gaal menilai kondisi fisik eks pemain Inter Milan itu menurun dalam beberapa musim terakhir.

Namun akhirnya Van Gaal tetap memasukkan nama Sneijder ke skuat Belanda untuk Piala Dunia 2014. Pemain berusia 30 tahun itu baru saja mengukir rekor 102 caps bersama Belanda dan membantu timnya meraih tiga kemenangan di fase grup.

Dalam wawancaranya bersama FIFA.com, Sneijder mengatakan bahwa kini fokusnya adalah membawa Belanda untuk meraih gelar juara Piala Dunia 2014:

FIFA.com: Wesley, setelah memenangkan tiga pertandingan dan menjadi juara grup. Seperti apa suasana di dalam skuat?

Sneijder: Ketika Belanda menang, suasana selalu fantastis. Padahal kami berada di grup yang sangat sulit dan sebelum turnamen, banyak orang yang mengatakan bahwa kita kurang dalam melakukan serangan. Sebab hanya sedikit yang mampu menembus pertahanan lawan. Tapi kita selalu percaya dan (sebelum Piala Dunia) kami mulai memainkan sistem baru. Dari itu, kepercayaan diri mulai tumbuh lebih dan lebih. Jika Anda berada di grup bersama Spanyol, Chile, dan Australia dan memenangkan pertandingan pertama dan meraih kemenangan di tiga pertandingan dan mencetak sepuluh gol, maka Anda telah melakukan pekerjaan yang fantastis.

FIFA.com: Untuk tim dan juga Louis van Gaal?

Sneijder: Ya, tentu saja. Manajer menjadi sosok utama di tim dan menciptakan cara kami bermain. Bagi sebagiaan pemain, mungkin ini adalah sistem baru dan harus melaksanakan tugas itu meskipun agak sedikit berbeda. Sehingga diperlukan beberapa pelatihan dan pertandingan persahabatan menggunakan formasi ini. Semua orang tahu apa yang diharapkan, semua orang tahu apa yang harus dilakukan. Dan kami selalu tahu bahwa pada serangan balik kami sangat berbahaya

FIFA.com: Tampaknya ada kemampuan untuk mengubah sistem selama pertandingan dan pemain pengganti juga telah memberikan kontribusi sangat baik.

Sneijder: Ya, dan itu penting. Ketika Anda pergi ke Piala Dunia, Anda pergi dengan 23 pemain. Kedengarannya seperti klise tapi tidak ada satu tim yang akan melalui Piala Dunia ini dengan hanya 11 pemain. Itu tidak mungkin, dan pemain di bangku cadangan dipastikan harus siap. Untungnya, kami telah melihat setiap kali pemain pengganti bermain, mereka sudah memberikan kualitasnya. Mereka berlatih keras, mereka positif dan itu sangat penting bagi tim.

FIFA.com: Anda mendapatkan satu hari ekstra istirahat. Seberapa pentingkan hal tersebut?

Sneijder: Hal tersebut cukup penting untuk memulihkan kondisi. Ini adalah akhir musim, semua orang telah memainkan banyak pertandingan, dan tiga pertandingan di babak penyisihan grup yang cukup sulit. Intensitas bermain kami dalam pertandingan tersebut sangat tinggi. Mendapatkan satu hari ekstra istirahat cukup positifdan kami telah menggunakannya dalam cara terbaik yang kita bisa - dengan membersihkan pikiran kita. Sekarang semua orang fokus dan mempersiapkan diri untuk pertandingan melawan Meksiko.

FIFA.com: Setelah bermain di final 2010, apakah itu menambah keyakinan Anda untuk menang kali ini?

Sneijder: Ketika saya memulai turnamen, saya selalu ingin menang. Dan, tentu saja, ada pula yang jauh lebih mudah untuk menang daripada yang lain. Empat tahun lalu, misalnya, itu adalah tantangan berat bagi kami tetapi segala sesuatu di grup itu baik dan dan seluruh proses bekerja baik untuk kita. Kami bermain di final dan kami kalah. Itu adalah salah satu momen terberat dalam karir saya sejauh ini. Tetapi hal yang indah tentang sepak bola adalah bahwa Anda selalu memiliki kesempatan untuk sedikit balas dendam, dan empat tahun kemudian kami melakukannya. Dan mengapa kita tidak bisa menang kali ini? Saya pikir kami memiliki tim yang hebat dan memiliki semangat besar, jadi kami harus melakukannya untuk mencapai itu.

FIFA.com: Masih ada empat pertandingan lagi dari sekarang untuk ke final dan dan lawan berikutnya adalah Meksiko. Apa yang Anda ketahui tentang mereka?

Sneijder: Hanya empat pertandingan? (tertawa) Itu masih jauh untuk mencapai ke sana. Kami sangat percaya diri, tapi kami harus selalu melihat ke lawan kami berikutnya dan Meksiko memiliki tim yang baik. Mereka tim yang sangat sulit untuk dilawan, ya, kami harus berkonsentrasi dan fokus sepenuhnya pada pertandingan nanti. Setelah itu, mari kita lihat apa yang terjadi.
(dka)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6918 seconds (0.1#10.140)