Kekuatan dan Kelemahan Prancis dan Nigeria

Minggu, 29 Juni 2014 - 18:06 WIB
Kekuatan dan Kelemahan Prancis dan Nigeria
Kekuatan dan Kelemahan Prancis dan Nigeria
A A A
Prancis

Kekuatan:
Filosofi Didier Deshcamps yang menekankan pada kolektivitas tim mulai membuahkan hasil. Lolos dari fase grup dengan gemilang menjadi bukti bahwa tim yang lebih gembira, tenang, tidak mengedepankan ego, lebih memiliki prospek cerah. Prancis sekarang memiliki berbagai aspek yang tidak dimiliki lagi selama bertahun-tahun. Kolektivitas inilah yang membuat Prancis kembali bangkit menjadi kekuatan dominan di Piala Dunia.

Kelemahan:
Ketika memiliki penyerang dan gelandang muda bagus, maka kekurangan Ayam Jantan adalah lini belakang. Mamadou Sakho masih sering ceroboh menjaga wilayahnya atau saat berduel dengan lawan, sedangan full back kanan Matieu Debuchy terlampau sering melakukan tackling yang berisiko. Menghadapi kecepatan Nigeria, tipikal Debuchy bisa membahayakan timnya jika tak terkontrol.

Pemain Kunci:
Karim Benzema; tiga gol dan dua assist menjadi penegasan bahwa turnamen empat tahunan ini menjadi momentum terbaik baginya untuk berdiri sejajar dengan striker kelas wahid. Prancis yang masih memiliki sejumlah striker lain, tidak bisa melupakan pemain ini, apalagi di fase selepas penyisihan grup.

Nigeria

Kekuatan:
Nigeria memiliki fisik dan kecepatan yang lebih dari memadai. Emmanuel Emenike yang powerful, dilengkapi dengan pemain tak kenal lelah Ahmed Musa. Memberikan mereka ruang, berarti mendatangkan bencana. Pengalaman seperti yang dimiliki Peter Odemwingie juga berguna bagi Elang Super. Argentina sudah merasakan betapa repotnya menghadapi Nigeria yang tampil dengan performa lebih baik.

Kelemahan:
Nigeria sering memberikan respons yang kurang baik saat ada tekanan berlebih untuk menang. Hasil imbang 0-0 lawan Iran merupakan contoh nyata kelemahan Nigeria. Tim menjadi canggung dan tidak bebas berekspresi ketika pelatih mulai berteriak-teriak di pinggir lapangan. Ini bisa saja berefek negatif pada babak knock-out, di mana mereka diharuskan menang.

Pemain Kunci:
Ahmed Musa; pemain yang menjadi bintang Nigeria saat memenangi African Cup of Nations. Bakatnya kembali mencuat setelah dua golnya mengoyak jala Argentina di pertandingan terakhir fase grup. Walau kalah 3-2, Ahmed Musa mendapat apresiasi tersendiri di laga tersebut. Dia sekilas tak hanya sebagai striker yang lihai mengacaukan pertahanan lawan, tapi juga memiliki insting gol yang lumayan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4937 seconds (0.1#10.140)