Van Gaal: Belanda Beruntung

Senin, 30 Juni 2014 - 07:28 WIB
Van Gaal: Belanda Beruntung
Van Gaal: Belanda Beruntung
A A A
FORTALEZA - Pelatih tim nasional Belanda, Louis van Gaal mengakui bahwa timnya beruntung dapat lolos ke babak perempat final di Piala Dunia 2014 dengan berhasil mengalahkan Meksiko pada pertandingan yang diselenggarakan di Estadio Castelao Fortaleza.

Seperti diketahui Belanda sempat tertinggal lebih dulu hingga menit ke 86 lewat gol Giovani Dos Santos namun Tim Oranje mampu membalikkan kedudukan dengan skor akhir 2-1. Berawal dari kemelut sepak pojok Arjen Robben yang dapat dimanfaatkan Wesley Sneijder dengan melepaskan sepakan kencang yang meluncur mulus ke gawang Ochoa. Belanda akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Drama kemudian terjadi di enam menit perpanjangan waktu.

Penetrasi Robben ke kotak penalti memaksa Rafael Marquez melanggar bintang Bayern Muenchen itu. Huntelaar yang ditunjuk menjadi algojo penalti tanpa ampun menaklukkan Ochoa. 2-1 untuk Belanda. Skor tersebut bertahan hingga wasit Pedro Proenca meniup peluit akhir pertandingan.

Hasil akhir yang diraih Belanda membuat Van Gaal memuji anak asuhnya karena sudah menunjukkan semangat pantang menyerah saat mengejar ketertinggalan dari Meksiko. Van Gaal menilai bahwa Belanda dapat memanfaatkan situasi dan kemenangan atas Meksiko kali ini merupakan suatu keberuntungan bagi timnya, mengingat betapa sulitnya mereka menciptakan gol ke gawang Guillermo Ochoa.

“Hasil akhir ini suatu keberuntungan,tapi di babak kedua kami menunjukkan bahwa kami bisa menciptakan banyak peluang salah satunya penalti yang didapat Robben" ujar Van Gaal dilansir Guardian, (30/6).

Kemenangan atas Meksiko membawa Belanda melaju ke babak perempat final dan akan menantang Kosta Rika yang sebelumnya mengalahkan Yunani dalam adu penalti.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0165 seconds (0.1#10.140)