Prancis Kandangkan Elang Super

Selasa, 01 Juli 2014 - 00:56 WIB
Prancis Kandangkan Elang Super
Prancis Kandangkan Elang Super
A A A
BRASILIA - Paul Pogba berhasil mengantarkan tim nasional Prancis merebut tiket perempat final Piala Dunia 2014 usai mengalahkan Nigeria dengan skor tipis 2-0, Selasa (1/7).

Gol pemain Juventus itu tercipta di menit ke-79 dan (Og) Yobo di masa injury time (90+1). Di perempat final nanti, tim berjuluk Ayam Jantan itu tinggal menunggu pemenang antara Jerman atau Aljazair yang baru akan bertanding dua jam lagi WIB.

Bermodalkan hasil positif di babak penyisihan Grup E, Prancis langsung mengambil inisiatif menggedor pertahanan Nigeria. Giroud yang dipercaya menjadi starter di pertandingan ini sempat mengancam gawang Enyeama di menit kelima. Sayang, umpan tendangan sudut Valbuena gagal dimanfaatkan dengan baik oleh striker Arsenal ini ketika sundulannya masih melebar. Selama sepuluh menit awal Prancis terlihat mendominasi jalannya pertandingan.

Namun mereka belum mampu memecah kebuntuan tersebut. Justru Nigeria yang hampir mencuri gol lebih dulu lewat Emenike di menit ke-19. Akan tetapi, Mark Geiger menganulir gol tersebut yang dianggap berada dalam posisi offside. Padahal dari tayangan ulang terlihat bahwa bomber Fenerbahce sejajar dengan pemain bertahan Prancis.

Kendati Prancis kesulitan untuk mengembangkan permainan akibat pressing ketat dari para pemain Nigeria. Namun tim berjuluk Ayam Jantan itu mendapat peluang emas lewat kaki Pogba. Sayang, tendangan pemain Juventus ini masih mampu diblok Enyeama.

Satu menit sebelum interval pertama usai, Hugo Lloris lagi-lagi menjadi penyelamat Prancis saat menggagalkan peluang Emenike. Kiper Tottenham Hotspur itu sigap menghalau tendangan striker Nigeria tersebut. Hingga babak pertama usai skor kacamata masih belum berubah.

Memasuki babak kedua, tak ada perubahan yang terjadi hingga menit ke-60. Memaksa Didier Deschamps melakukan perubahan pemain dengan memasukkan Antoine Griezman di menit ke-62 menggantikan Giroud. Tak berselang lama usai melakukan pergantian pemain, Elang Super julukan Nigeria kembali mengancam gawang Lloris.

Kali ini lewat sepakan Peter Odemwingie di menit ke-64. Tapi lagi-lagi mantan penjaga gawang Lyon itu masih terlalu tangguh untuk ditaklukkan. Selang enam menit kemudian giliran Benzema yang hampir menggetarkan gawang Enyeama, jika pemain Nigeria tak menghalau bola.

Gol yang ditunggu-tunggu itu pun akhirnya tercipta 11 menit sebelum pertandingan usai. Paul Pogba, yang beberapa kali merepotkan barisan pertahanan lawan berhasil mengoyak jala Nigeria saat Enyeama salah dalam menghalau bola. Alhasil, pemain yang menjadi incaran klub besar Eropa itu dengan mudah melesakkan bola lewat tandukannya. Skor pun berubah menjadi 1-0.

Saat pertandingan akan berakhir 1-0, Prancis justru menambah pundi-pundi golnya di masa injury time (90+1). Kapten Nigeria, Yobo salah mengantisipasi bola saat sontekan Antoine Griezmann justru masuk ke gawangnya sendiri. Skor pun berubah menjadi 2-0.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7457 seconds (0.1#10.140)