Flamengo Paling Tenar

Rabu, 02 Juli 2014 - 14:20 WIB
Flamengo Paling Tenar
Flamengo Paling Tenar
A A A
RIO DE JANEIRO - Bertahannya Belanda di Piala Dunia 2014 menciptakan dampak negatif bagi mereka yang ingin mengetahui lebih dekat sepak terjang Flamengo, klub paling tenar di Rio de Janeiro dan Brazil.

KORAN SINDO yang menyambangi markas klub di kawasan Gavea tidak dapat berbuat apa-apa ketika resepsionis mengeluarkan kertas bertuliskan pesan berbahasa Inggris dari balik mejanya. "Museum sedang direnovasi. Sedangkan kompleks tidak boleh diakses karena keberadaan Belanda," isi memo tersebut.

Sang resepsionis sepertinya menyiapkan pengumuman itu mengantisipasi pengunjung yang tidak mengerti Portugis. Minat terhadap segala sesuatu di Brazil memang meningkat selama Piala Dunia. Mereka yang sudah telanjur datang pun cuma bisa sekadar melihat segelintir informasi tentang Flamengo atau belanja pernak pernik di toko klub.

Patung Zico, sosok yang dianggap sebagai pemain terbaik sepanjang masa klub, menyambut mereka yang tiba di lantai atas. Tidak salah jika Flamengo menempatkan sosok bernama lengkap Arthur Antunes Coimbra itu di posisi demikian.

Dia berperan besar terhadap kesuksesan Flamengo menduduki takhta Brasl empat kali. Pemain berjuluk Pele Putih tersebut turut membantu Mengao (julukan klub) memenangkan Copa Libertadores dan Piala Interkontinental 1981.

Hingga kini Zico bertengger di urutan teratas top skor sepanjang masa Flamengo (508 gol), sekaligus pemain yang paling banyak mencetak gol Maracana (333 gol). "Flamengo klub terbaik dunia. Zico idola saya. Tidak ada pemain sepertinya," kata seorang pendukung, Thiago.

Berada di dalam kompleks Flamengo adalah Estadio Jose Bastos Padilha, tempat De Oranje mempersiapkan diri. Stadion ini tidak besar, hanya bisa menampung 8.000 orang. Flamengo pun jarang bermain di rumah yang mengambil identitas presiden klub ketika markas klub dibangun tersebut. Flamengo cuma menggunakannya saat berlatih, atau menggelar kompetisi subdivisi klub.

Selain sepak bola, terdapat enam lapangan tenis, lapangan basket yang bisa digunakan untuk futsal, dan lapangan pasir di lokasi ini. Ada pula kolam renang. Sebab, Flamengo juga memiliki tim renang.
Di tempat inilah para atlet mengasah kemampuan dan mengharumkan nama Flamengo.

Prestasi di ajang regional, nasional, dan internasional menumbuhkan popularitas klub. Mengao tercatat sebagai klub dengan jumlah pendukung paling besar di Brazil, tidak hanya sebatas Rio de Janeiro. "Dulu popularitas sempat dikuasai Santos dan Corinthians (asal Sao Paulo). Tapi sekarang Flamengo yang merajai," tandas Thiago.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6813 seconds (0.1#10.140)