Persegres Butuh Mental Pemenang

Sabtu, 16 Agustus 2014 - 06:56 WIB
Persegres Butuh Mental Pemenang
Persegres Butuh Mental Pemenang
A A A
MARTAPURA - Memiliki kualitas pemain memadai tak ada gunanya tanpa dukungan mental pemenang. Itu gambaran untuk tim Persegres Gresik United yang susah payah melepaskan diri dari himpitan degradasi. Mental pula yang bakal menentukan hasil di Kalimantan Selatan.
Persegres akan menyatroni tuan rumah Barito Putra di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kalimantan Selatan, Sabtu (16/8). Walau bentrok sesama tim papan bawah, Persegres belum sepenuhnya meyakinkan untuk mendapatkan angka di sana.

Persegres memiliki pemain sekelas Shohei Matsunaga, Otavio Dutra, Pedro Javier, Gustavo Chena. Tapi itu tak mewakili kinerja tim, bahkan hingga posisi pelatih berganti ke Alfredo Vera. Laga di kandang Barito bakal menjadi parameter sejauh mana kebangkitan mereka.

Pelatih Alfredo Vera memang selalu optimistis dengan prospek timnya di lapangan. Tapi optimisme dia sejauh ini belum banyak berguna. Jelang lawan Barito, pelatih asal Argentina ini kembali mengumbar keyakinannya bakal memperoleh poin.

"Kalau kami bisa meminimalisasi kesalahan, ada peluang besar untuk memperoleh poin. Pertandingan lawan Barito juga menjadi ujian mental pemain. Kami butuh lebih fokus dan bekerja lebih keras," sebut pelatih yang menggantikan Agus Yuwono ini.

Alfredo tak mau menengok ke belakang, tepatnya saat Barito diempaskan Arema Cronus 1-4 pekan lalu. Menurutnya hasil itu tak banyak berguna bagi timnya jika pemain tidak mampu menunjukkan progres signifikan saat pertandingan nanti.

"Semua tergantung kami sendiri. Permainan tim ini yang akan menentukan hasil. Target awal, harus bisa bermain lebih baik dibanding Barito," ujar dia. Pola 4-5-1 yang cenderung ke 4-4-1-1 kemungkinan menjadi pilihan Persegres.

Striker utama Pedro Javier bakal ditopang gelandang enerjik Shohei Matsunaga di belakangnya. Produktivitas Laskar Joko Samudro relatif kurang menjanjikan setelah hanya mencetak empat gol dalam lima pertandingan di putaran dua.

Komposisi lini belakang yang sering berubah juga tak menghadirkan soliditas memadai. Kemungkinan Alfredo akan mempertahankan kuartet saat menahan Arema Cronus 0-0, yakni Ikhwani, Otavio Dutra, Aang Suparman dan Wismoyo.

Perkiraan Pemain:
Barito Putra (4-5-1):
Joko Ribowo (gk), Fatul Rachman, Agus Cima, Abanda Herman, Guntur Ariyadi; Syahroni, Dedi Hartono, Lucky Wahyu, Mekan Nasyrov, Rizki Pora; James Koko Lomell
Persegres GU (4-4-1-1):
Sukasto Efendi (gk); Ikwani, Otavio Dutra, Aang Suparman, Wismoyo Widistyo; Habib Sukron, Kacung Khoirul, Lan Bastian, Reza Mustofa; Shohei Matsunaga; Pedro Javier.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5850 seconds (0.1#10.140)