Federer, Petenis Terkaya di Dunia

Selasa, 26 Agustus 2014 - 13:25 WIB
Federer, Petenis Terkaya di Dunia
Federer, Petenis Terkaya di Dunia
A A A
NEW YORK - Siapa petenis petenis terkaya di dunia ? Ternyata nama Roger Federer menempati posisi teratas daftar petenis terkaya di dunia.

Posisi Federer ini sangat mengejutkan. Pasalnya, petenis Swiss tersebut tahun ini belum mendapatkan tambahan kekayaan yang begitu banyak setelah belum satu menyabet gelar grand slam. Namun majalah Forbes, Selasa (26/8), mempublikasikan jika nilai kekayaan mencapai USD 56,2 Juta atau setara dengan Rp 657 Miliar.

Jumlah ini ternyata semata bukan dihasilkan dari lapangan tenis melainkan dari kontrak iklan. Seperti diketahui, Federer mengikat kerjasama dengan beberapa perusahaan besar ternama seperti pabrikan jam tangan asal negerinya, Rolex dan produsen olahraga. Dari kedua sponsor tersebut Federa mendulang USD 40 Juta atau sebesar Rp 468 Miliar.

Nilai pendatan ini dihitung dejak Juli tahun lalu sampai Juni tahun ini. Lalu siapa petenis lainnya yang masuk daftar petenis terkaya di dunia ? Berikut daftarnya :

Rafael Nadal
Petenis Spanyol yang telah mengoleksi sembilan gelar Prancis Terbuka berada di posisi kedua. Jumlah tabungan Nadal di rekening mencapai USD 44,5 (Rp 520 Miliar).
Sayangnya peluang menambah kekayaan terganjal setelah Nadal tidak tampil di AS Terbuka yang sedang digelar karena mengalami cedera pergelangan tangan. Sementara pendapatan dari sponsor, Nadal meraih USD 30 Juta (Rp 351 Miliar).

Novak Djokovic
Petenis peringkat satu dunia asal Serbia ini menyodok ke posisi ketiga petenis terkaya di dunia dengan raihan kekayaan mencapai USD 33,1 Juta (Rp 387 Miliar). Dari sponsor Djokovic menerima Rp 141 Miliar atau USD 21.1 Juta.

Maria Sharapova
Di bagian putri, nama petenis Rusia Maria Sharapova menempati posisi puncak petenis terkaya di dunia. Dari hasil pertandingannya di berbagai turnamen baik WTA Tour maupun grand slam, Sharapova sukses meraup USD 24.4 Juta atau sekitar Rp 285 Miliar. Ini belum termasuk dari pendapatan iklan yang mencapai USD 22 Juta atau sekitar Rp 257 Miliar.

Li Na
Petenis China ini saat ini masuk dalam deretan petenis papan dunia. Bukan hanya prestasinya, Li Na pun menyodok ke posisi kedua petenis putri kedua terkaya di dunia dengan capaian hartanya mencapai USD 23,6 Juta atau Rp 276 Miliar. Angka terbesar pendapatannya diperoleh setelah ia menjadi juara Australia Terbuka, Januari lalu. Sedangkan dari iklan Li Na mendapatkan Rp 210 Miliar atau USD 18 Juta.

Serena Williams
Petenis nomor satu dunia putri ini berada di posisi keenam petenis terkaya di dunia. Raihannya sampai Juni tahun ini mencapai USD 22 Juta atau Rp 257 Miliar.

Andy Murray
Petenis Inggris Raya ini akan menjadi petenis Skotlandia yang pertama mendapatkan sponsor besar produsen olahraga. Raihan hartanya juga melonjak setelah menjuarai Wimbledon 2013 dari USD 4 Juta (Rp 46 Miliar) menjadi USD 19,1 Juta (Rp 223 Miliar). Lalu dari iklan Murray mendapatkan USD 15 Juta (Rp 175 Miliar).

Victoria Azarenka
Berada di posisi kedelapan dengan nilai kekayaannya mencapai USD 11,1 Juta atau Rp 129 Miliar. Iklan menyumbangkan angka USD 7,5 Juta atau Rp
87 Miliar.

Kei Nishikori
Petenis Jepang ini tengah berjuang masuk papan atas peringkat dunia. Meski begitu nilai kekayaanya terbilang tinggi karena sudah menyentuh USD 11 Juta atau Rp 128 Miliar. Pemasukan dari iklan Nishikori mendapatkan USD 9 Juta atau Rp 105 Miliar.

Caroline Wozniacki
Petenis cantik asal Denmark ini menjadi penghuni nomor 10 di peringkat petenis terkaya di dunia. Wozniacki baru mendapatkan USD 10,8 Juta (Rp 126 Miliar) dan pemasukan dari iklan diperoleh USD 9,5 Miliar (Rp 111 Miliar).
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7758 seconds (0.1#10.140)