Porda Ajang Jaring Atlet Berbakat

Rabu, 27 Agustus 2014 - 02:15 WIB
Porda Ajang Jaring Atlet Berbakat
Porda Ajang Jaring Atlet Berbakat
A A A
MAKASSAR - Ajang empat tahunan yakni Pekan Olahraga Daerah (Porda), yang akan diselenggarakan pada awal September mendatag, bakal jadi ajang untuk memantau atlet yang berbakat.

Hal tersebut dilakukan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan, pasalnya usai perhelatan olahraga akbar di daerah ini, sejumlah agenda nasional akan diselenggarakan seperti, Pekan Olahraga Nasional (PON) remaja di Surabaya, Jawa Timur, yang akan digelar akhir tahun ini dan babak kualifikasi PON pada tahun depan. Serta juga masih ada perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah 2014 dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional 2015.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Sulawesi Selatan Nukhrawi Nawir mengtakakn, ajang tersebut ini bakal dijadikan untuk mencari atelt yang berbakat untuk berkompetisi ditingkat lebih tinggi lagi. Bahkan pihaknya telah mempersiapkan seorang pemantau bakat pada setiap cabang olahraga yang dipertandingkan. "Sudah kami siapkan pemantau bakat untuk melihat potensi atlet pada ajang tersebut," kata dia.

Bukan hanya itu, Nukhrawi mengatakan, para pemantau bakat tersebut diharap bisa lebih jeli melihat para atelt yang berkompetisi dari berbagai daerah tersebut, apalagi ada 27 cabang yang dipertandingkan. "Kita sudah melakukan kordinasi dengan para pemantau bakat tersebut, dan diharap bisa bekerja lebih profesional selama menjalankan tugasnya," jelasnya.

Peran tim pemantau bakat memang amat besar dalam pembinaan dan pengembangan olahraga Sulawesi Selatan. Sebab, atlet potensial yang terjaring akan diproyeksikan sebagai atlet yang mewakili provinsi dalam kejuaraan multi-event tingkat nasional. "Jadi yang akan diambil ini bakal dipersiapkan untuk ajang selanjutnya," tukasmya.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Sulsel Ad'dien menambahkan Porda memang bukan sekadar ajang kontingen daerah berburu prestasi. Kejuaraan empat tahunan ini adalah ajang mencari bibit untuk memperkuat kontingen Sulsel diajang nasional. "Kita berharap lahir atlet yang hebat di ajang ini," ujarnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8502 seconds (0.1#10.140)