Musuh Nomor Satu Publik Bernabeu

Sabtu, 25 Oktober 2014 - 13:12 WIB
Musuh Nomor Satu Publik Bernabeu
Musuh Nomor Satu Publik Bernabeu
A A A
Bukan hanya Luis Suarez yang bakal melakoni debut di el clasico antara Real Madrid kontra Barcelona di Santiago Bernabeu, malam ini. Luis Enrique juga bakal menjalani ujian perdana pada duel dua bebuyutan tersebut sebagai pelatih El Azulgrana, julukan Barcelona.

Beruntung, entrenador berusia 44 tahun itu tak terlalu asing dengan persaingan panas kedua tim raksasa Spanyol tersebut. Pasalnya, dia sudah merasakan ketatnya el clasico saat masih berstatus sebagai pemain. Bahkan, Enrique sempat mengenakan kostum kedua tim secara bergantian. Dia pernah membela Madrid selama lima musim dari 1991 sampai 1996. Setelah itu, dia "membelot" ke Barcelona pada 1996 dengan status free transfer.

"Saya tak pernah senang melihat foto saya dengan seragam Madrid. Saya lebih merasa nyaman dengan kostum El Azulgrana," ucap Enrique, saat pertama kali diperkenalkan sebagai pemain Barcelona, dikutip Goal. Awalnya, publik Katalan memandang sinis kepindahannya ke Camp Nou. Namun, pada akhirnya dia mampu memenangkan hati para Cules, julukan fans Barcelona, dan bertahan selama delapan tahun di Barcelona serta menjadi kapten tim dan beberapa kali mencetak gol pada el clasico ke gawang bekas klubnya, Madrid. Sontak, sejak saat itu Enrique menjadi musuh nomor satu untuk publik Santiago Bernabeu.

Kini, dia kembali ke stadion yang pernah membesarkan namanya tersebut. Tempat di mana dia pernah mempersembahkan trofi Primera Liga 1994/1995 dan Copa del Rey 1992/1993 serta Piala Super Spanyol 1993. Sebagai pelatih, tentu dia berharap bisa membawa asuhannya memenangkan duel ini. Dia berambisi mengikuti jejak para pendahulunya yang pernah meraih kejayaan di kandang Madrid tersebut. Tercatat, dari sepuluh pelatih terakhir Barcelona yang melakoni debut di Santiago Bernabeu, empat kali berbuah kemenangan, dua seri, dan empat kalah.

"Kami pergi ke Santiago Bernabeu dalam cara terbaik. Kami sedang berada di puncak klasemen. Kami ingin melihat kemampuan kami di hadapan rival abadi yang dimiliki Katalan," tandas Enrique, menyambut duel ini.

Abdul Haris

SABTU 25 OKTOBER 2014
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8238 seconds (0.1#10.140)