CR7 Faorit Balon d'or

Rabu, 29 Oktober 2014 - 13:15 WIB
CR7 Faorit Balon dor
CR7 Faorit Balon d'or
A A A
MADRID - Penghargaan individu Cristiano Ronaldo kemungkinan akan terus bertambah. Pemain berjuluk CR7 itu kini menjadi calon terkuat peraih FIFA Ballon d'Or 2014, titel yang juga direbutnya tahun lalu

FIFA sudah mengumumkan 23 nama yang bakal bersaing meraih predikat pemain terbaik dunia periode 2014. Real Madrid menjadi salah satu penyumbang kontestan terbanyak karena diwakili enam pemain sekaligus. Selain Ronaldo, Los Blancos diperkuat Gareth Bale, Karim Benzema, Toni Kroos, Sergio Ramos, dan James Rodriguez.

Bayern Muenchen menyaingi Madrid lantaran enam anggotanya juga masuk bursa, yakni Mario Goetze, Philipp Lahm, Thomas Mueller, Arjen Robben, Bastian Schweinsteiger, dan kiper Manuel Neuer. Sementara Barcelona hanya mengirim Lionel Messi, Andres Iniesta, Javier Mascherano, dan Neymar Junior.

Sisanya memperkuat Chelsea (Thibaut Courtois, Diego Costa dan Eden Hazard), kemudian Manchester City (Yaya Toure), Manchester United (Angel di Maria), Paris Saint-Germain (Zlatan Ibrahimovic), dan Juventus (Paul Pogba).

Seluruh nominator itu nanti disaring hingga tersisa tiga orang yang akan diumumkan pada 1 Desember 2014. Lalu, akan dipilih lagi siapa juaranya melalui voting yang dilakukan pelatih dan kapten 184 timnas serta wartawan olahraga dari 173 media di seluruh dunia. Pemenangnya bakal dipublikasikan pada pertengahan Januari 2015.

Siapa yang kemungkinan terpilih telah mengemuka. Ronaldo dan Messi diyakini bakal bersaing ketat. Meski demikian, CR7 dianggap sebagai favorit. Itu diperkuat ramalan sejumlah rumah judi. Peluang gelandang serang asal Portugal itu disinyalir menembus 1/6, sedangkan kans Messi berkisar 6/1.

Kandidat lainnya adalah Mueller (20/1), Neuer (25/1), Lahm (25/1), Robben (33/1), Neymar (33/1), Rodriguez (40/1), dan Bale (40/1). Dijagokannya Ronaldo lantaran prestasinya yang mengagumkan tahun ini. Walau tidak meraih hasil bagus saat Piala Dunia 2014, dia membantu Madrid memenangkan Liga Champions dan Copa del Rey.

Rapor Ronaldo turut ditunjang tingginya produktivitas golnya. Dia menghasilkan 31 gol dari 30 laga Primera Liga edisi 2013/2014, atau total 51 gol dari 47 penampilan. Jika hitungannya sejak Januari 2014, Ronaldo sejauh ini mampu mendulang 29 gol di kompetisi domestik. Dia juga dia tiga kali membukukan hattrick.

Ronaldo juga baru saja dinobatkan sebagai pemain terbaik Primera Liga 2013/2014. Dia menyingkirkan Messi yang terus mendominasi sejak penghargaan itu dibagikan pada 2008/2009. Ini merupakan peningkatan mengingat pada 2012/2013, Ronaldo hanya jadi MVP.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua rekan di Real Madrid dan keluarga. Ini momen luar biasa dalam karier saya. Bagi saya, lebih penting meraih gelar bersama tim. Tapi, saya juga suka penghargaan individu. Saya akan bekerja keras setiap hari agar penghargaan seperti ini terus bertambah," ucap Ronaldo, dilansir Goal.

Ronaldo turut pula menyabet penghargaan penyerang terbaik dan pencetak gol terbaik (saat melawan Valencia). Artinya, dia juga melengserkan Messi yang selama lima tahun terakhir terpilih sebagai bomber nomor satu di Primera Liga.

Menariknya, nama Messi tidak tercantum dalam daftar pemenang. Barcelona hanya diwakili Andres Iniesta sebagai gelandang serang terbaik serta Ivan Rakitic yang menguasai kategori Fair-Play.

Pamor Ronaldo kian tinggi karena menggondol sepatu emas setelah membukukan 31 gol di kancah lokal musim lalu. Sayang, dia harus membaginya dengan Luis Suarez yang juga mencetak 31 gol bagi Liverpool di Liga Primer.

Mengacu rekam jejak itu, wajar jika Ronaldo jadi favorit peraih Ballon d'Or 2014. Terlebih Suarez tidak masuk nominasi akibat skorsing yang dijalani. Tapi, Ronaldo tetap waspada. Goetze bisa jadi kuda hitam karena membantu Bayern merajai Bundesliga dan Jerman memenangkan Piala Dunia 2014.

M Mirza
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7511 seconds (0.1#10.140)