Modifikasi Ban, Kunci Keberhasilan Rossi

Minggu, 09 November 2014 - 09:15 WIB
Modifikasi Ban, Kunci Keberhasilan Rossi
Modifikasi Ban, Kunci Keberhasilan Rossi
A A A
VALENCIA - Valentino Rossi tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya setelah berhasil mengunci barisan terdepan di seri pamungkas musim ini di GP Valencia. Juara dunia sembilan kali itu mengatakan bahwa faktor keberhasilannya berada pada ban belakang.

Rossi meraih pole position pertamanya selama lebih dari empat tahun atau sejak di Le Mans. Joki Movistar Yamaha itu mempertahankan performa terbaiknya dan mencatat waktu tercepat 1 menit 30,843 detik pada sesi kualifikasi terakhir MotoGP di Grand Prix Valencia, Sabtu (8/11) kemarin.

Rossi mengungguli kompatriotnya dari Pramac Racing (Desmosedici) Andrea Iannone yang hanya terpaut 0,132 detik pada lap terakhir. "Ini adalah kejutan besar. Saya merasa baik di kualifikasi, karena kami meningkatkan pengaturan motor. Walaupun ban pertama tidak begitu buruk, tapi kami melakukan sedikit modifikasi untuk ban kedua dan saya mencoba untuk mendorong lebih banyak," ujar Rossi dikutip Crash, Minggu (9/11).

"Dengan ban kedua saya merasa banyak grip dan sangat percaya diri, tapi sayangnya saya membuat kesalahan di Turn 2. Sehingga saya memilih melambat sebelum melakukan lap terakhir saya."

Dengan memperlambat kecepatan, tambah Rossi, dirinya merasa mempunyai dua pilihan yang baik. Pertama, dia mampu mempertahankan ban belakang hingga lap terakhir. Kedua, ia bisa mengekor rekan setimnya Jorge Lorenzo.

"Itu prosedur yang baik dalam pemilihan ban belakang, untuk memperlambat setelah satu lap dan kemudian restart. Saya merasa nyaman dengan motor karena saya mampu menghindari kecelakaan dalam berakselerasi. Saya juga beruntung karena Jorge melewati saya dan satu detik di depan saya, jadi itu juga sangat membantu untuk mengintai dia."
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5923 seconds (0.1#10.140)