Ujian Berat Juergen Klopp

Minggu, 09 November 2014 - 12:42 WIB
Ujian Berat Juergen...
Ujian Berat Juergen Klopp
A A A
DORTMUND - Juergen Klopp dalam tekanan. Pelatih nyentrik itu dituntut segera mengembalikan keperkasaan Borussia Dortmund, salah satunya saat menjamu Borussia Moechengladbach pada laga lanjutan Bundesliga di Signal Iduna Park, dini hari ini.

Klopp wajib mengatasi itu karena posisi Die Borussen, julukan Dortmund, tak lagi menguntungkan. Shinji Kagawa dkk sejauh ini masih bercokol di zona merah, yakni peringkat 17 setelah meraih tujuh poin. Dortmund hanya unggul agresivitas gol atas Werder Bremen di peringkat 18. Sialnya, Klopp akan menemui kendala mewujudkan kemenangan di partai derby Borussen tersebut.

Selain Dortmund belum pernah menang dalam tujuh laga terkini Bundesliga, Kagawa dkk juga belum pernah menang atas Gladbach sejak 24 Februari 2013. Dortmund hanya menuai satu kemenangan dalam lima pertemuan terakhir mereka, yakni menang 5-0 di Signal Iduna Park pada 29 September 2012. Setelah itu, mereka mengalami kekalahan hingga terakhir ditundukkan Gladbach 1-2 di tempat sama pada Maret 2014.

Perjalanan kelam hingga rekor tak mendukung itu tentu menjadi tugas besar Klopp dalam menghadapi pertandingan tersebut. “Saya masih sakit kepala hingga saat ini. Saya tak habis pikir dengan performa pemain di kancah Bundesliga, meski kami tampil baik di Liga Champions maupun DFB Pokal,” tandas Klopp, dikutip Bild. Performa Die Borussen di dua kompetisi itu memang lebih mentereng ketimbang di saat tampil di Bundesliga.

Faktanya, Klopp membawa Dortmund di posisi puncak klasemen sementara Grup D. Mereka menorehkan 12 poin meninggalkan Arsenal (7), Anderlecht (2), dan Galatasaray (1). Kagawa dkk pun tampil brilian saat tampil di DFB Pokal. Mereka melaju ke babak ketiga seusai menaklukkan St Pauli 3-0. Karena itu, Klopp dihadapi tugas yang sangat besar di Signal Iduna Park.

“Peran dan kecerdikan saya sangat dibutuhkan di sini. Saya tentu mengharapkan keseimbangan saat pemain berlaga di kompetisi apa pun. Karena itu, kami akan memanfaatkan laga kandang ini sebaik mungkin,” tandasnya. Sementara Gladbach bertekad mempertahankan konsistensi permainan mereka, meski akan bertamu ke kandang tim sekotanya tersebut.

Mereka ingin mengemas tiga angka demi terus melanjutkan tren apik di papan atas Bundesliga musim ini. Itu berarti tak ada pilihan bagi Die Fohlen, julukan Gladbach, selain kembali menambah duka Dortmund. Pelatih Gladbach Lucien Favre mengatakan, timnya tak akan sedikit pun menaruh rasa empati atas nasib yang dialami Dortmund di Bundesliga.

“Saya pikir kami akan tetap mewaspadai mereka sebagai tim terbaik di liga ini. Terbukti, mereka berada di posisi teratas Liga Champions serta masih tampil di DFB Pokal,” pungkas Favre.

Edi yuli
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4467 seconds (0.1#10.140)