Menpora Malaysia Heran dengan Reaksi Dexamethasone

Minggu, 09 November 2014 - 15:42 WIB
Menpora Malaysia Heran dengan Reaksi Dexamethasone
Menpora Malaysia Heran dengan Reaksi Dexamethasone
A A A
KUALA LUMPUR - Menpora Malaysia Khairy Jamaluddin merasa heran mengapa efek dari obat dexamethasone yang diberikan kepada Lee Chong Wei berlangsung lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya.

Federasi Bulutangkis Dunia( BWF) telah memberikan rambu-rambu terkait larangan atlet meminum dexamethasone. Namun masih ada saja atlet yang berani mengonsumsi obat tersebut.

Menurut ilum kedokteran, dexamethasone adalah obat golongan kortikosteroid (glukokortikoid). Cara kerja obat ini untuk mengendalikan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Selain itu, obat ini juga bisa untuk mengurangi gejala infeksi seperti alergi dan mencegah pembekakan.

Itulah mengapa Chong Wei diperbolehkan meminum dexamethasone ketika pebulu tangkis nomor satu dunia itu mengalami cedera pada Juli lalu.

Tapi sejak itu banyak misteri yang muncul ketika reaksi obat tersebut bertahan lama dari prediksi sebelumnya. Padahal, kata Khairy, obat yang diminumnya tersebut biasanya bertahan selama sepuluh hari.

"Dexamethasone diperbolehkan untuk atlet yang tengah dalam proses rehabilitasi atau pengobatan cedera. Biasanya reaksi obat ini hanya berlangsung dalam tubuh selama 10 hari, tetapi dalam kasus ini kita tidak yakin mengapa itu berlangsung lebih lama dari prediksi sebelumnya," katan Khairy kepada sejumlah wartawan seperti dikutip Thestar, Minggu (9/11).
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4179 seconds (0.1#10.140)
pixels