Messi dan Kutukan Zarra(?)

Minggu, 09 November 2014 - 17:03 WIB
Messi dan Kutukan Zarra(?)
Messi dan Kutukan Zarra(?)
A A A
BARCELONA - Modal dua Lionel Messi ke gawang Ajax Amsterdam bukan berarti penyerang Barcelona itu mudah menembus gawang Almeria pada pekan ke-11 La Liga di Stadion Juegos del Mediterraneo, Sabtu (8/11). La Pulga justru kesulitan mencetak gol demi menembus rekor Telmo Zarra. Entah kutukan atau bukan, sepakan Messi kerap dimentahkan tiang gawang sehingga gagal berbuah gol.

Messi hanya butuh satu gol untuk menyamai rekor gol sepanjang masa Zarra di La Liga sebanyak 251 gol. Rekor itu dibuat Zarra saat menjadi pemain Athletic Bilbao dan bertahan sejak 1955. Dua gol, maka Messi akan melampui Zarra, sebab kini striker Argentina itu mengoleksi 250 gol.

Tapi, alih-alih mengejar rekor Zarra, Messi malah tak mampu menciptakan satu gol pun ke gawang Almeria. Kemenangan 2-1 Barcelona atas Almeria berkat respons Neymar yang mencetak gol menit ke-73 dan Jordi Alba (82) setelah Blaugrana tertinggal lewat gol Thievy Bifouma (37).

Padahal, Juegos del Mediterraneo sangat bersahabat bagi Messi. Dalam tiga kunjungan terakhir ke stadion dengan kapasitas 21.350 penonton itu (sebelum laga Sabtu), pemain kelahiran Rosario, Argentina, 24 Juni 1987 itu selalu mencetak gol. Dua gol musim 2009/2010 (hasil imbag 2-2), mencetak tiga gol atau hat-trick musim 2010/2011 (Barca menang 8-0), dan Messi mencetak satu gol untuk kemenangan 2-0 pada musim lalu.

Anehnya, kegagalan Messi mencetak gol akibat peluangnya dimentahkan tiang gawang. Dalam dua laga terakhir, empat kali bola Messi menghantam gawang, yakni dua kali melawan Celta Vigo dan dua melawan Almeria (sundulan). Sementara Barcelona secara keseluruhan menghantam tiang gawang sebanyak tujuh kali dari dua laga tersebut.

Sepanjang musim ini (sepakan dan sundulan) Messi telah menghantam tiang sebanyak enam kali, terbanyak diantara pemain lain di La Liga. Sepanjang musim ini pula pemain nomor 10 Bercelona itu selalu tampil full time di La Liga, dan dia tercatat sebagai pemain yang bolanya paling banyak menghantam tiang gawang dalam 20 musim terakhir, yakni 47 kali.

Sudah tiga laga dilalui Messi tanpa mencetak gol, dan itu catatan terburuk sejak Januari. Awalnya, Messi digadang-gadang bakal menembus rekor Zarra di laga El Clasico kontra Real Madrid di Santiago BErnbeu, 25 Oktober lalu. Namun, Messi gagal bersinar dan barcelona menyerah 1-3, lalu melawan Celta Vigo, Bercelona kalah 0-1.

Cepat atau lambat, Messi akan melampaui rekor Zarra, hanya persoalan waktu dan harus sabar menunggu. Setelah jeda internasional, Barcelona akan menghadapi Sevilla di Camp Nou, 22 November nanti.

"Ini penampilan terburuk kami sepanjang musim (vs Almeria). Kami tidak bisa menyembunyikan kesalahan kami. Miskin presisi di lini tengah berlanjut. Tapi, dengan tiga poin di kantong, ini mengingatkan semua orang bahwa untuk menjadi sukses, Anda harus memenangi pertandingan saat bermain buruk, seperti hari ini. Kekuatan adalah kunci," kata Pelatih Barcelona Luis Enrique dilansir laman resmi tim.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4202 seconds (0.1#10.140)