Debut Manis Evan Dimas

Rabu, 12 November 2014 - 12:10 WIB
Debut Manis Evan Dimas
Debut Manis Evan Dimas
A A A
JAKARTA - Evan Dimas tampil menawan pada debutnya bersama timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, tadi malam. Tampil sebagai starter, gelandang berusia 19 tahun itu turut mencatatkan namanya di papan skor saat skuad Garuda melibas Timor Leste empat gol tanpa balas.

Pada laga yang ditayangkan RCTIitu, tak banyak yang memprediksi Evan langsung dipercaya Nakhoda Alfred Riedl sebagai starter. Memang, dengan berada di barisan gelandang serang bersama Zulham Zamrun dan Ramdani Lestaluhu, Evan belum terlihat dominan di awal laga. Namun Evan tidak butuh waktu lama untuk beradaptasi. Ada dua peluang emas yang dicatatkan Evan, pada menit ke-17 dan 32.

Seakan tidak ingin kembali membuang peluang emas yang didapatkannya, sepakan terukur dilepaskan Evan setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Timor Leste. ”Saya pasti senang dan sangat bersyukur bisa mencetak gol. Awalnya canggung, tapi setelah beberapa menit bermain rasa itu hilang,” ungkap Evan selepas pertandingan.

Penampilan Evan yang bermain selama 64 menit sebelum ditarik keluar digantikan Samsul Arif juga mendapat sanjungan dari Riedl. Pelatih berpaspor Austria itu menilai Evan bisa langsung beradaptasi dengan baik. ”Evan salah satu hal positIf yang ada di pertandingan tadi. Dia pemain masa depan,” papar Riedl.

Walau demikian, Riedl mengatakan belum tahu apakah akan membawa Evan ke putaran final Piala AFF 2014 yang akan digelar pada 22 November–20 Desember di Singapura dan Vietnam. Tidak hanya Evan yang tampil ciamik tadi malam. Penyerang naturalisasi Sergio van Dijk juga mencatatkan hasil serupa. Van Dijk membuka keunggulan skuad Garuda pada menit kesembilan.

Selain Evan dan Van Dijk, gol tambahan timnas Indonesia masing-masing dibukukan Zulham Zamrun dan Samsul Arif. Walaupun menang dengan margin empat gol, Riedl mengaku masih kecewa dengan penampilan Raphael Maitimo dkk. ”Kami hanya bisa menang 4-0, padahal seharusnya kami bisa 7-0. Kami juga kerap melakukan kesalahan dalam mengumpan,” papar Riedl.

Dia juga menyayangkan belum bisa bergabungnya semua pemain yang dipanggilnya. Kondisi itu berbeda dengan yang dialami pesaing Indonesia di Piala AFF yakni Vietnam, Laos, dan Filipina. Pada uji coba selanjutnya, timnas Indonesia akan menjajal Suriah, Sabtu (15/11) di SUGBK.

Decky irawan jasri
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0166 seconds (0.1#10.140)