Moyes Jadi Harapan

Rabu, 12 November 2014 - 12:34 WIB
Moyes Jadi Harapan
Moyes Jadi Harapan
A A A
MADRID - David Moyes resmi menjadi pelatih Real Sociedad. Pelatih asal Skotlandia itu akan berada di Anoeta selama 18 bulan menggantikan peran Jagoba Arrasate yang dipecat manajemen La Real, julukan Sociedad, pekan lalu.

Keputusan itu membuat Moyes menjadi pelatih keempat asal Inggris Raya. Dia menjadi penerus Harry Lowe (1930-1935), John Toshack (1985-1989, 1991-1994, 2000-2002, 2007-2008), serta Chris Coleman (2007-2008). Namun, terpenting dari itu, manajemen La Real mengharapkan Moyes bisa segera mengangkat posisi Sociedad di klasemen sementara Primera Liga musim ini.

Sociedad masih bercokol di peringkat 15 dengan torehan sembilan angka, unggul tiga poin atas Cordoba sebagai juru kunci. Fakta itu pula yang membuat manajemen Sociedad mendepak Arrasate. Manajemen pun berharap Sociedad akan semakin berkembang selama ditangani pelatih berusia 51 tahun tersebut. Mereka bahkan optimistis Moyes bisa melampaui prestasi yang diukir pendahulunya seperti Toshack yang mempersembahkan Copa del Rey kepada Sociedad musim 1986/1987.

“Kami tak mempermasalahkan reputasi dia sebelumnya. Kami hanya melihat dirinya tepat menangani tim ini,” ujar juru bicara klub, dilansir Marca. Moyes sejatinya tak sendiri menjadi kandidat pelatih di Sociedad, karena dia sempat bersaing dengan mantan Pelatih West Brom Albion Pepe Mel. Manajemen sepertinya memiliki pandangan lain terhadap kemampuan Moyes, kendati mantan pelatih Everton itu dianggap gagal total bersama Manchester United sebelumnya.

“Kami sangat percaya kepada kemampuannya, apalagi kami sempat susah payah meyakinkan Moyes untuk melatih Sociedad. Keputusan ini diharapkan menjadi titik kebangkitan kami lebih baik lagi,” kata juru bicara tersebut. Tak ditepis bahwa Moyes sempat menolak menangani La Real, meski belum diketahui alasannya.

Dia hanya meminta waktu saat berbincang bersama Presiden Sociedad Jokin Apperibay, pekan lalu, untuk memikirkan masa depannya. Sebab, selain mendapat tawaran dari Sociedad, pelatih bernama lengkap David William Moyes ini ternyata mendapat tawaran serupa dari Inter Milan. I Nerazzurri, julukan Milan, berhasrat mendatangkannya ke Giuseppe Meazza untuk menggantikan posisi Walter Mazzarri. Moyes kemudian membuat keputusan menangani Sociedad dan manajemen La Real lekas mengumumkan secara resmi kabar baik tersebut.

Keputusan itu membuat Moyes bisa segera menangani Xabi Prieto dkk, terutama bersiap menjalani debut Moyes menghadapi Deportivo La Coruna, pekan ini. “Kabar baik ini diharapkan bisa memengaruhi motivasi pemain, apalagi saya mendengar Sociedad meraih kemenangan penting atas Atletico Madrid sebelumnya. Fakta ini tentu menjadi sinyal bagus kami untuk segera bangkit dari keterpurukan,” tandas Moyes.

Moyes memang berharap kehadirannya bisa segera memperbaiki performa La Real. Dia ingin paling tidak Sociedad bisa lepas dari ancaman degradasi musim ini, kemudian membangun kepercayaan menatap prestasi lebih baik musim berikutnya.

Edi yuli
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6599 seconds (0.1#10.140)
pixels