Targetkan Piala Eropa Setelah Gagal ke Piala Dunia

Rabu, 12 November 2014 - 12:40 WIB
Targetkan Piala Eropa Setelah Gagal ke Piala Dunia
Targetkan Piala Eropa Setelah Gagal ke Piala Dunia
A A A
Sepak bola Islandia sedang menjadi buah bibir dalam beberapa tahun terkini. Setelah mencapai play-off kualifikasi Piala Dunia 2014, Gylfi Sigurdsson dkk memiliki peluang besar lolos ke Piala Eropa 2016.

Pasalnya, pada kualifikasi menuju turnamen di Prancis itu, Islandia kukuh di puncak klasemen sementara Grup A di atas Republik Ceko dan Belanda. Jika mampu mempertahankan performa, tiket Piala Eropa 2016 akan menjadi yang pertama dikoleksi Islandia pada turnamen sepak bola antarnegara.

Pasalnya, tim dari negeri pulau kecil di tengah Atlantik Utara itu selama ini hanya menjadi penggembira di turnamenturnamen berbendera UEFA dan FIFA. Setiap kualifikasi Piala Eropa atau Piala Dunia, mereka selalu menjadi lumbung gol tim-tim besar.

“Islandia bukan siapa-siapa di sepak bola. Namun, negeri ini kini berbenah. Kami memang tidak memiliki klub besar. Kami juga tidak diperkuat pesepak bola-pesepak bola hebat. Di lapangan, tim ini hanya mengandalkan kekompakan dan kolektivitas,” ujar Lars Lagerback, nakhoda sarat pengalaman asal Swedia yang sukses saat menangani The Yelow Vikings , di situs resmi Asosiasi Sepak Bola Islandia (KSI).

Lagerback menjadi sosok yang paling berjasa mengubah arah sepak bola Islandia. Meski pada awal petualangan di Islandia tidak mulus, Lagerback perlahan dan pasti sanggup menghadirkan kemapanan. Selain Sigurdsson (Swansea City), Lagerback sangat percaya pada tenaga sejumlah pemain yang merumput di klub-klub kelas dua Eropa. Sebut saja Emil Hallfredsson (Hellas Verona) atau Aron Einar Gunnarsson (Cardiff City).

Hanya Kolbeinn Sigthorsson yang merumput di klub elite (Ajax Amsterdam). “Pelatih tahu apa yang harus dilakukan terhadap tim ini. Dia memberi kami kebebasan bermain berdasarkan karakter yang kami miliki. Instruksinya juga sangat jelas dan sederhana. Dia selalu ingin kami memberi lawan tekanan. Dia tidak ingin kami menyerah sebelum pertandingan berakhir. Kami harus fight ,” ungkap Sigurdsson, dikutip The Guardian .

Sebelum menjalani pertandingan lanjutan kualifikasi di Grup A versus Rep Ceko, Minggu (16/11); Islandia dijadwalkan menghadapi laga uji coba versus Belgia di Brussels dini hari nanti. Meski lawan juga merupakan tim tangguh Eropa, Islandia ternyata tidak takut. Mereka bertekad menjadi pertandingan di Stade Roi Baudouin itu sebagai pemanasan menghadapi Rep Ceko. Sebab, sejauh ini di Grup A, Islandia dan Rep Ceko sama-sama menghasilkan rekor kemenangan 100%.

Andri ananto
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6173 seconds (0.1#10.140)