Butuh Santapan Lunak

Jum'at, 14 November 2014 - 11:42 WIB
Butuh Santapan Lunak
Butuh Santapan Lunak
A A A
NUREMBERG - Pelatih Jerman Joachim Loew sempat mengeluhkan partisipasi negara minor pada kualifikasi turnamen besar. Namun, sosok berusia 54 tahun itu bersyukur anak asuhnya meladeni Gibraltar dini hari nanti.

Bertanding pada Grup D kualifikasi Piala Eropa 2016 di Grundig-Stadion, Loew berharap Der Panzerberpesta gol dan mendulang angka penting untuk membuka jalan menuju Prancis. Juara dunia empat kali itu saat ini sedang membutuhkan poin menyusul performa inkonsisten dari tiga laga yang sudah dijalani.

Jerman baru memetik empat angka dan terdampar di peringkat 3 klasemen. Mereka tertinggal tiga angka di belakang Polandia dan Republik Irlandia. Jika posisi ini tidak berubah, Jerman harus melakoni play-off dan terancam tidak mengikuti turnamen bergengsi pertama sejak Piala Eropa 1968.

Ekspektasi Loew sangat kontras dengan komentarnya beberapa waktu lalu. Sosok yang membawa Mario Goetze dkk berjaya di Brasil musim panas lalu itu mempertanyakan keberadaan negara-negara kecil pada penyisihan. Dia secara khusus menyebut kehadiran Kazakhstan yang dihadapi Jerman pada kualifikasi Piala Eropa 2012 dan Piala Dunia 2014.

Loew menilai, duel kontra tim-tim tersebut tidak berguna. Dia meminta otoritas mengadu mereka terlebih dahulu sebelum ditempatkan bersama para raksasa. Namun nyatanya, Jerman kini membutuhkan mereka demi menabung poin.

”Gibraltar bukan lawan yang bisa mengalahkan siapa saja. Kami yakin bakal menciptakan banyak gol,” tandas Manajer Jerman Oliver Bierhoff, dikutip Reuters. Jerman semestinya tidak kesulitan membawa pulang nilai maksimal.

Meski mampu mengimbangi Estonia dan menaklukkan Malta sejak diterima UEFA, Gibraltar terbukti tidak berdaya mengarungi ketatnya persaingan resmi. Mereka selalu tumbang di tiga duel Grup D, belum mencetak gol, dan kemasukan 17 kali. Tidak hanya dipastikan menang, Jerman juga berpotensi memberi debut sekaligus menambah pengalaman beberapa muka baru.

Bek FC Koln Jonas Hector berpeluang mengantongi capspertama. Sementara nama-nama seperti Kevin Volland (1 caps), Karim Bellarabi (2), Shkodran Mustafi (4), Sebastian Rudy (4), Antonio Ruediger (4), Matthias Ginter (5), Erik Durm (5), Max Kruse (8), termasuk Christoph Kramer (8) dapat dimatangkan untuk menjadi anggota reguler tim.

”Kami tidak akan gegabah dan memandang sebelah mata Gibraltar. Kami berambisi memetik tiga angka dan mengembalikan posisi kami di kualifikasi kembali ke jalur yang tepat,” tutur tangan kanan Loew, Thomas Schneider.

Harley Ikhsan
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7297 seconds (0.1#10.140)