Kroasia Didukung Boban

Minggu, 16 November 2014 - 10:10 WIB
Kroasia Didukung Boban
Kroasia Didukung Boban
A A A
MILAN - Pertemuan Kroasia dengan Italia di kualifikasi Piala Dunia 2016 mendapatkan respons dari Zvonimir Boban. Mantan pemain tim nasional Kroasia yang menjadi bintang AC Milan pada dekade 1990-an itu menyatakan rekor bagus negaranya saat bertemu Gli Azzurriyang telah bertahan 72 tahun akan terus bertahan.

Menurut Boban, Kroasia saat ini berada di tangan yang tepat. Sosok yang kini menjadi komentator sepak bola di salah satu stasiun televisi Italia itu menyatakan Niko Kovac tahu cara mematikan skema 3-5-2 milik Antonio Conte. Meski dini hari nanti akan tampil di Stadio San Siro, mantan pemain yang membawa Milan menjuarai Liga Champions 1993/1994 itu percaya mentalitas para pemain Kroasia terkini sudah sangat bagus.

“Ini menjadi laga taktikal yang sulit dan menguras fisik. Mungkin hasilnya imbang. Harus diingat, tim yang menggunakan skema 3-5-2 di pertandingan internasional biasanya akan bertahan terlalu dalam. Conte pelatih dengan skema 3-5-2 terbaik. Namun, formasi itu akan kesulitan jika menemui pemain sayap yang tangguh,” ujar Boban kepada La Gazzetta dello Sport.

Catatan sejarah menunjukkan, kemenangan terakhir Italia atas Kroasia pada 1942. Saat itu, pada pertandingan di Stadio Luigi Ferraris, Genoa, tim arahan Vittorio Pozzo tersebut mengalahkan Kroasia 4-0. Setelah Perang Dunia II, Kroasia diintegrasikan ke Yugoslavia.

Namun, setelah Yugoslavia bubar, Kroasia bertemu Italia enam kali pada semua ajang. Hasilnya, Italia kalah tiga kali. Tiga laga sisanya berakhir imbang. Saat Boban pensiun membela timnas pada 2002, Kroasia sukses mengalahkan Italia 2-1 di Piala Dunia 2002.

Empat tahun berselang, tim berkostum kotak-kotak merah-putih itu kembali mempermalukan Italia pada pertandingan uji coba di Palermo. Saat itu, Eduardo da Silva dan Luka Modric membuat Kroasia meraih kemenangan 2-0 di depan tifosiItalia.

Andri ananto
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5258 seconds (0.1#10.140)