Penonton Bundesliga Kalahkan Liga Primer

Senin, 17 November 2014 - 12:28 WIB
Penonton Bundesliga Kalahkan Liga Primer
Penonton Bundesliga Kalahkan Liga Primer
A A A
Selain menunjukkan Liga Premier sebagai kompetisi terbaik di dunia, hasil studi Sportmail juga membuktikan Bundesliga menjadi liga dengan jumlah penonton terbanyak.

Kompetisi elite di Jerman itu berada di urutan teratas pada kategori penonton dari 34 liga yang diteliti. Reputasi Bundesliga yang kurang populer bila dibanding Liga Primer, Primera Liga, atau Seri A ternyata tidak sesuai dengan hasil studi. Menurut Sportmail, kemeriahan Bundesliga jauh meninggalkan Liga Primer, Primera Liga, atau Seri A. Tim-tim Jerman selalu dibanjiri penonton yang menyaksikan langsung pertandingan di stadion, tidak peduli dari klub raksasa macam Bayern Muenchen atau tim kecil seperti Freiburg.

Penelitian Sportmail menunjukkan, dari 308 pertandingan musim lalu, tercatat rata-rata penonton per pertandingan sebesar 42.609 orang dengan total 13.038.354 orang. Angka itu hanya bisa dikalahkan oleh olahraga profesional NFL (American football ) di Amerika Serikat (AS). Sementara Liga Primer menempati posisi kedua dengan kehadiran ratarata 36.695 penonton dari 380 pertandingan.

Di bawah Jerman dan Inggris, ada Primera Liga dengan rata-rata penonton 26.955 orang per pertandingan. Lalu, Seri A (23.385 orang) dan Liga Meksiko (22.271 orang). Kedua liga mengalahkan jumlah penonton di Ligue 1 (21.155 orang). Sementara Liga Belanda dan MLS di AS dan Kanada menempati posisi ketujuh dan kedelapan dengan lebih dari 19.000 penonton per pertandingan. Bahkan, Bundesliga bisa saja memperbesar selisih yang lebih tinggi atau total di atas 14 juta.

Sebab, catatan itu masih berselisih 74 pertandingan dengan Liga Primer. Angka itu membuktikan bahwa uang bukanlah segalanya untuk menarik minat para penonton hadir untuk mendukung timnya saat bertanding di stadion. Ada beberapa faktor Bundesliga bisa diminati para pendukungnya. Salah satunya dengan memberikan tiket murah. Bahkan, Jerman menjadi penyedia tiket paling murah di lima liga terbaik di Eropa atau di luar 10 besar tiket termahal di dunia.

Selain itu, setiap pertandingan akan selalu diberikan bir secara bebas untuk para penggemar. Bir adalah hadiah itu untuk para pendukung yang telah mendukung timnya. “Kemenangan tim nasional di Piala Dunia 2014 juga menambah daya tarik sepak bola Jerman,” ujar Direktur Olahraga VfL Wolfsburg Klaus Allofs, dilansir Reuters.

“Untuk semua orang yang terlibat di Bundesliga, kemenangan Piala Dunia adalah motivasi besar untuk menjadi lebih baik di semua tingkatan,” ujarnya. Kehebatan Bundesliga dalam mengelola kompetisi dan memberikan yang terbaik untuk fans tercipta karena adanya aturan baru tentang kepemilikan klub.

Di Jerman, setiap klub terikat peraturan bahwa suporter bisa memiliki saham mayoritas klub. Kondisi itu membuat fans memiliki wewenang dalam menentukan kebijakan klub dan mencegah investor bertindak sewenang-wenang meraup keuntungan dengan menekan suporter.

Raikhul Amar
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7050 seconds (0.1#10.140)