Bulu Tangkis India Kembali Bangkit

Senin, 17 November 2014 - 15:36 WIB
Bulu Tangkis India Kembali Bangkit
Bulu Tangkis India Kembali Bangkit
A A A
NEW DELHI - India kembali menancapkan kukunya di belantara bulu tangkis dunia. Setelah lama tidak terdengar, kini nama India lewat Saina Nehwal dan Kidambi Srikanth kembali menyembul ke permukaan setelah menyabet gelar tunggal putra dan putri di ajang bergengsi China Terbuka 2014.

Tak ayal prestasi ini langsung disambut gempita. Tak heran jika Perdana Menteri India Narendra Modi langsung memberikan selamat. "Ini adalah hari yang indah buat bulu tangkis India! Selamat untuk @NSania & KSrikanth untuk gelar juara di China Terbuka Super Series," kicau Modi seperti dikutip ndtv, Senin (17/11).

Di partai final yang berlangsung Minggu (16/11), Saina yang menempati unggulan keenam sukses mengalahkan pemain Jepang, Akane Yamaguchi 21-12, 22-20. Sedangkan Srikanth mengandaskan andalan tuan rumah, Lin Dan dengan skor 21-19, 21- di Haixia Olympic Sport Center.

Pelatih Pullela Gopichand mengaku kemenangan ini menjadi kebangkitan bulu tangkis India. "Ini kemenangan besar. Fantastis permainan kedua pemain tersebut. Buat Saina, dia bermain sangat baik sekali. Kemenangan ini akan membuatnya bisa berbicara di masa mendatang," kata Gopichand.

Pujian juga sama dialamatkan pada Srikanth. "Melawan pemain bintang dia sama sekali gentar. Secata keseluruhan dia bermain di level tertinggo. Dia bukan hanya tumbuh sebagai pemain bintang, tapi menjadi pemain cerdas dan mempunyai perkembangan luar biasa."

India patut bersyukur dengan keberhasilan ini. Selama ini negara tersebut belum masuk dalam kekuatan bulu tangkis dunia.

Di nomor perorangan, Gopichand pun pernah mengejutkan dunia setelah menjadi juara All England pada 2001 silam. Di final Gopichand berhasil menumbangkan Chen Hong. Ia menjadi orang India kedua yang memperoleh prestasi ini setelah Prakash Padukone, yang menjadi juara pada 1980.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5592 seconds (0.1#10.140)