Ini Kekuatan Musuh Indonesia di Piala AFF 2014

Selasa, 18 November 2014 - 21:24 WIB
Ini Kekuatan Musuh Indonesia di Piala AFF 2014
Ini Kekuatan Musuh Indonesia di Piala AFF 2014
A A A
JAKARTA - Indonesia terjebak di Grup A Piala AFF 2014, bersama Vietnam, Filipina, dan Laos. Tak ada lawan yang mudah pada laga yang digelar mulai 22 November, itu karena masing-masing tim mempunyai kelemahan dan kelebihan. Vietnam, sebagai tuan rumah punya persiapan bagus di laga uji coba terkini. Begitu pun Filipina yang di dua edisi terakhir selalu lolos semifinal .

Sementara Laos, meski ke putaran final lewat jalur kualifikasi, mereka punya misi mengukir sejarah kali pertama lolos dari persaingan di fase grup. Di bawah asuhan David Booth yang membawa kultur sepakbola Inggris, harapan itu coba diapungkan Sopha Saysana dkk.

Seusai menggantikan pelatih asal Jepang Kokichi Kimura, Booth mengisi sebagian besar skuadnya dengan pemain-pemain muda. Hanya ada satu pemain berusia 28 tahun diskuadnya yaitu Khampheng Sayavutthi. Selebihnya memiliki usia di bawah rata-rata 25 tahun.

Berikut sosok pesaing Indonesia di penyisihan Grup Piala AFF 2014.

Vietnam

Pelatih : Toshiya Miura
Rangking FIFA : 136 (per 23 Oktober 2014)
Pemain Bintang : Le Cong Vinh, Nguyen Hai Anh

Kekuatan terkini : Vietnam jadi salah satu favorit lolos dari Grup A. Vietnam pun punya catatan cukup ciamik di tiga uji coba terakhir. Menang 0-3 kontra tim Universitas Korea Selatan, kalah 1-3 saat menjamu Palestina. Di ujicoba terakhir, Vietnam tutup dengan menundukan Malaysia 3-1.

Filipina

Pelatih : Thomas Dooley
Rangking FIFA : 129 (per 23 Oktober 2014)
Pemain Bintang : Rob Gier, Phil Younghusband, James Younghusband

Kekuatan terkini : Kembali ditopang dengan banyak pemain naturalisasi, Filipina punya target melebihi mencapaian di dua gelaran sebelumnya yaitu melewati fase semifinal. Di tiga uji coba terakhir, Filipina selalu menang. Menang 0-5 saat menjamu Papua Nugini, menang 3-0 saat ditantang Nepal, dan terakhir menang 3-0 kontra Kamboja.

Laos

Pelatih : David Booth
Rangking FIFA : 154 (per 23 Oktober 2014)
Pemain Bintang : Sopha Saysana

Kekuatan terkini : David Booth banyak mempercayakan pemain muda di Piala AFF 2014. Lolos lewat jalur kualifikasi, Laos punya tren tidak bagus di tiga pertandingan terakhir. Diawali menang, 2-0, saat bertemu Timor Leste, Loas menelan dua kekalahan di dua pertandingan terakhir. Dilibas Myanmar, 2-1, dan kandas dari Singapura dua gol tanpa balas.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4588 seconds (0.1#10.140)