Giliran Sepeda Tersangkut Doping

Rabu, 19 November 2014 - 19:41 WIB
Giliran Sepeda Tersangkut Doping
Giliran Sepeda Tersangkut Doping
A A A
AIGLE - Belum redanya kasus doping yang tengah menghantui olah raga bulu tangkis, kini barang haram tersebut kembali memasuki tubuh para atlet berprestasi. Kali ini, pembalap sepeda dari Tim Astana, Victor Okishev yang tersangkut doping.

Diberitakan reuters, Rabu (19/11), Persatuan Sepeda Internasional (UCI) mengatakan jika pembalap kelas Divisi Tiga itu gagal tes doping. Okishev yang berasal dari Kazakhtan dinyatakan gagal tes sampel A.

"UCI mengumumkan bahwa kontingen Tim Astana, pembalap Victor Okishev dari Kazakhstan, menggunakan barang merugikan yakni Anabolic Steroid Androgenik dalam sampel yang dikumpulkan di Asia Cycling Championships pada 29 Mei 2014. Pengendara memiliki hak untuk meminta dan menghadiri analisis sampel B," beber UCI dalam pernyataannya.

Ini bukan pertama kalinya Astana terlibat doping. Bulan lalu, UCI sudah meminta Komisi Lisensi untuk meninjau status tim Astana setelah tiga pihaknya juga terlibat penggunaan barang haram itu. Maxim, saudara Okishev, Valentin Iglinskiy, serta pelatih Iliya Davidenok, yang juga dari Kazakhstan, gagal dalam tes doping musim ini.

Tim Astana adalah anggota Mouvement Pour un Cyclisme Credibel (Gerakan untuk Bersepeda secara Kredibel), yang memberlakukan aturan anti-doping dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA). Astana juga melahirkan pembalap besar seperti Lance Armstrong, Vicenzo Nibali dan Alberto Contador. Sesuai dengan aturan, Astana menarik diri sejak bulan lalu untuk akhir musim Tour of Beijing karena memiliki dua kasus doping dalam 12 bulan terakhir.

Sebelumnya dunia olahraga digemparkan dengan kasus doping yang menyerang dunia bulu tangkis. Tak tanggung-tanggung, pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei yang disebut terlibat.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6134 seconds (0.1#10.140)