Ultimatum untuk Sang Profesor

Rabu, 26 November 2014 - 11:09 WIB
Ultimatum untuk Sang Profesor
Ultimatum untuk Sang Profesor
A A A
LONDON - Masa depan Pelatih Arsene Wenger kembali dipertanyakan. Para petinggi klub mulai gerah dengan merosotnya performa The Gunners. Untuk itu, Wenger harus memastikan asuhannya tampil apik saat menjamu Borussia Dortmund pada lanjutan Liga Champions di Emirates Stadium dini hari nanti.

Kekalahan 1-2 dari Manchester United (MU), Sabtu (22/11), membuat petinggi klub marah. Puncaknya, CEO Arsenal Ivan Gazidis mendatangi Wenger di pusat latihan Hertfordshire. Pertemuan tersebut jelas bukanlah kejadian biasa. Maklum, dari tiga pertandingan terakhir, Arsenal mengalami 2 kekalahan dan hanya mampu meraih 1 hasil imbang. Pertemuan tersebut diyakini menjadi sinyal bahwa posisi Wenger sebagai pelatih semakin tidak aman.

Sejumlah kandidat untuk menggantikan pelatih yang dijuluki Sang Profesor itu pun bermunculan, salah satunya Nakhoda Bayern Muenchen Pep Guardiola. Nada kekecewaan pun terlontar dari salah satu pemegang saham terbesar Alisher Usmanov.

Kendati mengakui Wenger sebagai salah satu pelatih terbaik, Taipan asal Rusia tersebut mulai mempertanyakan kapasitas Wenger, khususnya dalam memanfaatkan dana yang digelontorkan klub untuk memboyong pemain pada bursa transfer. Ultimatum yang dilontarkan Usmanov jelas menjadi peringatan keras bagi Wenger.

Karena itu, dia tidak mempunyai pilihan selain bekerja keras untuk memperbaiki performa timnya, termasuk saat menjamu Dortmund dini hari nanti. Sayangnya, ambisi juru taktik asal Prancis tersebut untuk meraup poin penuh di Emirates Stadium bukan tanpa masalah. The Gunners dipastikan tanpa Olivier Giroud lantaran tidak didaftarkan kepada UEFA dalam skuad Liga Champions.

Semula pihak klub memprediksi Giroud yang mengalami cedera patah kaki kemungkinan baru pulih pada Januari 2015, tetapi Giroud justru pulih lebih cepat. Penyerang asal Prancis itu bahkan tampil gemilang dengan menyumbangkan satu gol saat Arsenal berhadapan dengan MU, Minggu (23/11). Untuk mengisi tempat Giroud, Wenger kemungkinan menurunkan Danny Welbeck di lini depan dengan dukungan Lukas Podolski dan Alexis Sanchez.

Selain Giroud, kondisi Jack Wilshere dan Wojciech Szczesny sedikit diragukan. Wilshere mendapatkan cedera engkel dan Szczesny mengalami cedera ringan setelah berbenturan dengan Kieran Gibbs. Posisi Szczesny kemungkinan digantikan Emiliano Martinez lantaran David Ospina juga mengalami cedera.

Meski belum dipastikan tampil, Szczesny optimistis jika Arsenal mampu mengalahkan Dortmund demi mengamankan satu tempat pada babak knock-out Liga Champions. Saat ini Arsenal berada di posisi 2 klasemen sementara Grup D dengan koleksi tujuh poin.

“Kami mengetahui bahwa kami hanya membutuhkan satu poin dari dua pertandingan terakhir untuk lolos ke babak knock-out . Tetapi, kami belum mendapatkan apa pun. Kami akan menghadapi Dortmund di hadapan fans . Kami yakin dapat menunjukkan performa terbaik dan lolos ke babak selanjutnya,” papar Szczesny.

Alimansyah
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7346 seconds (0.1#10.140)