Tantangan Raksasa

Jum'at, 28 November 2014 - 10:13 WIB
Tantangan Raksasa
Tantangan Raksasa
A A A
TURIN - Beberapa nama besar harus berjuang keras demi tetap bertahan di kompetisi antarklub paling elite Eropa. Juventus dan Liverpool akan berusaha memastikan tiket babak 16 besar Liga Champions pada matchday penutup yang digelar 9-10 Desember mendatang.

Bersama sembilan klub lain, keduanya harus adu sikut memperebutkan enam tiket yang tersedia. Hanya ada tiga nama yang memastikan tempat di perdelapan final selepas laga dini hari kemarin. Atletico Madrid menjadi tim pertama Grup A yang melakukannya seusai membungkam Olympiakos Piraeus 4-0 di Vicente Calderon. Bayer Leverkusen mewakili Grup C, meski ditumbangkan AS Monaco 0-1 di BayArena.

Sedangkan Arsenal memesan tempat dari Grup D seusai mengecundangi Borussia Dortmund 2-0. Kesuksesan menaklukkan tuan rumah Malmo 2-0 di Swedbank Stadion menjaga harapan Juventus, penguasa Italia tiga musim terakhir. Anak buah Massimiliano Allegri itu kini cukup perlu membawa pulang satu angka saat menyambangi markas Atletico agar mustahil terkejar Olympiakos.

Juventus bahkan bisa mengincar posisi juara grup demi mengantongi status unggulan ketika undian babak 16 besar digelar. Syaratnya, mereka minimal menaklukkan Atletico dengan selisih dua gol. Namun, Juventus juga masih dapat tersingkir. Skenario tidak diinginkan tersebut bakal terwujud jika mereka kembali menyerah di hadapan Atletico dan Olympiakos mempermalukan Malmo.

“Nasib kami tergantung di tangan kami sendiri. Kami mencoba menggeser Atletico,” kata bomber Juventus Fernando Llorente, dilansir Mediaset. Juara Benua Biru lima kali Liverpool berada dalam posisi lebih sulit akibat kegagalan meraih hasil maksimal melawan Ludogorets Razgrad. Bersaing di Grup B, The Redsharus puas bermain imbang 2-2, walau sempat memimpin.

Akibatnya, Liverpool wajib mengalahkan FC Basel di partai terakhir untuk menemani Real Madrid yang sudah memastikan tempat di putaran selanjutnya. Masalah yang menjerat Liverpool sepanjang 2014/2015 terlihat benar di Vasil Levski National Stadium. Kredibilitas Simon Mignolet dipertanyakan menyusul blunder yang memudahkan Dani Abalo mencetak gol.

Konsentrasi lini belakang turut digugat setelah Georgi Terziev membatalkan keunggulan yang diraih berkat Rickie Lambert dan Jordan Henderson. Tugas Liverpool pada partai pamungkas sangat jelas. Klub Merseyside tersebut wajib menaklukkan Basel di Anfield. “Basel memiliki sedikit keunggulan. Basel sungguh menyulitkan kami karena kebugaran mereka begitu baik,” kata Pelatih Madrid Carlo Ancelotti.

Juventus, Olympiakos, Liverpool, dan Basel bergabung bersama AS Monaco serta Zenit St Petersburg yang bernaung di Grup C. Tim lain yang masih berpotensi lolos ke babak 16 besar adalah Manchester City, AS Roma, CSKA Moskva, Sporting Lisbon, dan Schalke 04, selepas pertandingan Selasa (25/11).

Harley ikhsan
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6658 seconds (0.1#10.140)