Mandzukic Samai Aragones, Lampaui Costa, Aguero, dan Forlan

Jum'at, 28 November 2014 - 10:17 WIB
Mandzukic Samai Aragones, Lampaui Costa, Aguero, dan Forlan
Mandzukic Samai Aragones, Lampaui Costa, Aguero, dan Forlan
A A A
Kontribusinya sempat diragukan. Bagaimana tidak. Mario Mandzukic harus menggantikan striker ganas Diego Costa yang pergi ke Chelsea. Namun, dini hari kemarin striker asal Kroasia itu melakukan apa yang Costa gagal capai selama memperkuat Atletico Madrid.

Torehan trigol ke gawang Olympiakos Pireus membuat nama Mandzukic masuk buku sejarah klub. Dia menyamai torehan legendaris Luis Aragones yang mencetak hattrick di Liga Champions. Mendiang Aragones membukukannya ke gawang Cagliari saat kompetisi masih bernama Piala Champions, tepatnya musim 1970/1971.

“Sangat menyenangkan bisa mencetak hattrick . Tapi, yang terpenting kami menang dan memastikan tempat di babak 16 besar. Harus diingat, kami mampu mengalahkan siapa pun,” ucap Mandzukic di laman resmi UEFA. Mandzukic menorehkan hal yang gagal dilakukan pemain-pemain top Atletico lain di masa lalu, mulai dari Costa, Sergio Aguero, hingga Diego Forlan.

Ketiga mantan striker Los Colchoneros tersebut maksimal membukukan dua gol dalam satu pertandingan di Liga Champions. Lewat prestasinya ini, Mandzukic kini masuk jajaran peraih hattrick di Liga Champions musim ini. Dia mengikuti jejak Yacine Brahimi, Danny Welbeck, Luiz Adriano, Lionel Messi, dan Aguero.

Khusus rapor pribadi, inilah hattrick keempat Mandzukic pada enam tahun belakangan. Dia pernah melakukan hal serupa ketika membela Bayern Muenchen dan Dinamo Zagreb. Mandzukic berhasil menyamai torehan kompatriotnya. Pemain Kroasia lain yang pernah mencetak hattrick di Liga Champions adalah Ivica Olic (2010), Ivan Klasnic (2004), dan Dado Prso (2003).

Tapi, dia menjadi pemain Kroasia yang mengoleksi gol paling banyak di Liga Champions, yakni 11 gol. Produktivitas Mandzukic pun turut mengangkat Atletico. Selain memastikan kemenangan 4-0 atas Olympiakos, yang berarti tercapainya tiket babak 16 besar, Atletico juga menjadi klub yang paling banyak mencetak gol kandang pada dua musim terakhir Liga Champions, yakni 24 gol.

M Mirza
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6329 seconds (0.1#10.140)