Aji Santoso Minta Satu Bulan

Minggu, 30 November 2014 - 10:51 WIB
Aji Santoso Minta Satu Bulan
Aji Santoso Minta Satu Bulan
A A A
SLEMAN - Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia U-23 meminta Badan Tim Nasional (BTN) diizinkan melakukan persiapan latihan satu bulan sebelum digelarnya SEA Games di Singapura.

Sebab, saat ikut dalam Asian Games beberapa waktu lalu, Pelatih Aji Santoso hanya diberikan waktu dua hari latihan sebelum mengikuti eventtersebut. “Paling tidak kita harus mempunyai waktu satu bulan latihan sebelum digelarnya SEA Games. Kita sudah meminta ke BTN. Tidak seperti saat Asian Games kemarin, hanya dua hari persiapan dan latihan cuma sehari. Ini tidak boleh terulang,” kata Aji, saat ditemui di lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dalam persiapannya, tim pelatih mulai menggelar seleksi pemain untuk tahap pertama, yaitu dari Jumat (29/11) hingga 6 Desember mendatang. Aji, pelatih yang membawa timnas U-23 sampai ke babak 16 besar Asian Games 2014, memanggil 67 pemain.

“Sebanyak 67 pemain yang dipanggil dan sementara ini baru datang 42 pemain. Karena memang beberapa pemain yang masih ada kegiatan, seperti Persebaya Surabaya. Yang jelas, ini bukan pelatnas (pemusatan latihan nasional), tapi masih dalam tahap seleksi,” ujarnya.

Mayoritas pemain yang ikut dalam tahap seleksi ini merupakan muka-muka baru, termasuk lima orang yang diambil dari timnas U-19. Mantan pemain timnas U-19 ada lima orang, termasuk Evan Dimas. Evan akan bergabung setelah mengikuti AFF di Vietnam, setelah istirahat.

Tahap seleksi ini akan tiga sampai empat kali. Nantinya, para pemain yang memang layak dan sesuai kriteria yang diinginkan tim pelatih akan masuk skuad yang akan mengikuti SEA Games pada Juni mendatang.

Sementara muka-muka lama pemain timnas U-23 yang diikutkan dalam ajang Asian Games lalu seperti Alvin Tuasalamony dan Manahati Lestusen tetap akan dipanggil. Namun, kemungkinan setelah sudah selesai tahap seleksi ini.

Menanggapi permintaan dari pelatih timnas U-23 untuk menggelar latihan minimal satu bulan sebelum mengikuti eventini, BTN masih belum bisa memastikan. Namun, nantinya tetap akan diupayakan. “Kita akan upayakan nanti,” ucap Sekretaris BTN Sefdin Syaifudin.

Ridho hidayat
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6717 seconds (0.1#10.140)