Peningkatan Dortmund

Minggu, 07 Desember 2014 - 10:11 WIB
Peningkatan Dortmund
Peningkatan Dortmund
A A A
DORTMUND - Pelatih Borussia Dortmund Juergen Klopp lega tim asuhannya lepas dari zona degradasi. Die Borussen, julukan Dortmund, kini bercokol di peringkat 14 Bundesliga setelah menang 1-0 atas Hoffenheim di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, dini hari kemarin.

Kemenangan Die Borussenberkat gol semata wayang Ilkay Guendogan pada menit ke-17 itu menjadi tren kebangkitan Dortmund menjalani musim ketat ini. Mereka optimistis dapat secepatnya merangkak ke posisi lebih baik. Klopp membenarkan itu. Dia semringah timnya mulai bangkit meski sempat terbenam di dasar klasemen hingga pekan ke-13.

Pelatih berusia 47 tahun itu berharap tren apik ini tak hanya memutus tren buruk Dortmund selama ini, juga bisa mengangkat moril seluruh pemain Die Borussenjelang pertandingan Liga Champions. Dortmund dijadwalkan akan menjamu wakil Belgia Anderlecht pada pertandingan penyisihan grup di Signal Iduna Park, Rabu (10/12). “Saya merasa lega dan saya yakin kebahagiaan akan datang kemudian,” ungkap Klopp, dilansir Soccerway.

“Pertandingan itu (menghadapi Hoffenheim) sangat intens, di mana kami harus tampil penuh perjuangan dan kerja keras. Kami sebetulnya punya beberapa peluang seperti mendapatkan penalti meski tak diberikan wasit di pertandingan itu,” sambungnya. Nah yang jelas, Klopp melihat gairah bermain Matt Hummels dkk telah kembali. Mantan pelatih Mainz 05 itu yakin timnya akan terus menunjukkan grafik permainan yang meningkat.

Apalagi Die Borussensudah lepas dari jerat degradasi. “Kami masih sangat minim dalam hitung-hitungan poin. Namun, kami harus tetap yakin bisa meraih banyak poin ke depannya,” papar Klopp. “Sekarang kami ingin kembali merasakan atmosfer kemenangan yang begitu unik.

Saya ucapkan terima kasih kepada semua pemain atas hasil ini. Untuk itu, kami terus menampilkan permainan terbaik ke depannya,” tegasnya. Gelandang Dortmund Kevin Grosskreutz sependapat dengan pelatihnya. Pemain asal Jerman itu memang tak percaya kalau timnya akan terus terpuruk di jurang degradasi, terlebih sampai turun kasta ke Bundesliga II.

“Saya sempat sakit hati ketika semua orang terus berbicara tim ini telah gagal sebagai sebuah tim. Sekarang yang kami butuhkan adalah dukungan Anda (fans). Untuk itu, saya yakin Borussia Dortmund tidak akan turun kasta,” kata gelandang berusia 26 tahun tersebut. Grosskreutz hanya meminta pencapaian apik itu terus dilanjutkan. Apalagi Die Borussenmasih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Tak hanya langsung bersiap diri menghadapi Anderlecht, juga meningkatkan permainan saat menjalani laga domestik. Sebab, setelah meraih kemenangan atas Hoffenheim, Dortmund bakal menghadapi empat laga penting seperti bertemu Hertha Berlin, Wolfsburg, Werder Bremen, dan Bayer Leverkusen.

Decky irawan jasri
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7143 seconds (0.1#10.140)