Tony Sucipto Punya Pengalaman Lebih di Level Asia

Minggu, 07 Desember 2014 - 20:16 WIB
Tony Sucipto Punya Pengalaman Lebih di Level Asia
Tony Sucipto Punya Pengalaman Lebih di Level Asia
A A A
BANDUNG - Persib Bandung mendapat kesempatan tampil di ajang Liga Champions Asia (LCA) 2015. Dalam skuat Maung Bandung saat ini, ada sosok berpengalaman di kompetisi elite antar klub Asia itu, yakni Tony Sucipto.

Persib mendapat tiket babak playoff kedua zona Asia Timur Liga Champions Asia (LCA) 2015, setelah memenangi Indonesia Super League (ISL) 2014. Belum diketahui siapa lawan yang akan dihadapi Maung Bandung karena drawaing baru akan dilaksanakan 11 Desember mendatang di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia. Yang pasti Persib akan melakoni playoff 2 pada 10 Februari 2015.

Laga nanti menjadi ajang ketiganya bagi Tony Sucipto setelah tampil di LCA bersama Sriwijaya FC ditahun 2010 dan 2009 lalu. Dibanding pemain Maung Bandung lainnya, bek kiri Persib itu merupakan pemain yang paling sering tampil di pertandingan selevel Asia. Selama bermain di AFC maupun LCA Tony sudah tampil sebanyak 949 menit dan 13 kali bermain.

Masing-masing 66 menit saat tampil di LCA musim 2010 tampil satu kali, 468 menit saat tampil di AFC tahun 2010, tampil enam kali, dan di LCA musim 2009 enam kali bermain dengan catataan waktu 949 menit.

Tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Tony. Dia menilai atmosfer pertandingan tidak berbeda jauh dengan kompetisi domestik. Hanya saja menyoroti kejelian wasit yang biasa memimpin perhelatan AFC tersebut.

“Dengan kepemimpinan wasit yang berbeda dengan di ISL, semua harus lebih cerdik. Karena jika ceroboh sedikit saja, maka bisa merugikan tim. Wasit di pertandingan Internasional lebih jeli,” tegasnya.

Selain Tony, pemain Maung Bandung lainnya yang pernah merasakan atmosfer pertandingan tingkat Asia ini adalah M. Ridwan, Firman Utina, Achmad Jufriyanto dan Supardi. Mereka masing-masing merasakan satu kali kompetisi AFC dan LCA saat membela Sriwijaya, sedangkan Firman Utina baru satu kali tampil di ajang LCA.

Jika PERSIB lolos babak playoff, selain kembali mengulang sejarah tampil di LCA tahun 1995 yang finis diperempat final, lolos ke babak fase grup LCA 2015 ini juga menjadi momen penting bagi tim Indonesia, sebab akan menjadi awal kembali setelah dua musim absen dipentas ini.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8278 seconds (0.1#10.140)