Malaysia Tunggu Sanksi dan Denda

Selasa, 09 Desember 2014 - 14:13 WIB
Malaysia Tunggu Sanksi dan Denda
Malaysia Tunggu Sanksi dan Denda
A A A
PETALING JAYA - Asosiasi Sepak bola Malaysia (FAM) harus siap menerima sanksi dan denda atas insiden penyerangan pendukung Malaysia terhadap suporter Vietnam di leg pertama semifinal Piala AFF 2014. Surat teguran sudah dilayangkan Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) terkait insiden berdarah tersebut.

Seperti diwartakan sebelumnya, penyerangan sekelompok pendukung Malaysia ini terjadi di Stadion Shah Alam, Minggu (7/12). Penyebab sementara kemungkinan pendukung Malaysia ini marah setelah Macan Malaya dipermalukan di kandang sendiri dengan skor 1-2.

Tindakan memalukan ini bukan yang pertama. Sebelumnya, pendukung Malaysia juga sempat berulah saat pertandingan persahabatan melawan Filipina. Namun kala itu bukan penyerangan melainkan menyalakan kembang api. Akibatnya, pekan lalu FIFA telah menjatuhkan denda USD 10.000 atau setara dengan Rp123 Juta.
Bukan tidak mungkin insiden yang membuat sejumlah pendukung Vietnam mengalami cedera itu berbuah sanksi yang lebih berat lagi.

Sekjen AFF Datuk Azzuddin Ahmad mengaku geram dengan tindakan memalukan insiden tersebut. "Menang atau kalah adalah bagian dalam permainan dan kami harus menerima hasilnya bukannya menjadi pecundang sakit," tegas Azzuddin dilansir bernama, Selasa (9/12).

"Saya menyesalkan insiden tersebut. Negara lain tidak mempunyai masalah seperti ini. Saya tidak mau berspekulasi soal hukuman yang akan dijatuhkan, dapat denda atau larangan bertanding," imbuhnya.

FAM diberikan waktu tujuh hari untuk memberikan tanggapan atas surat teguran AFF sebelum nantinya dijatuhkan tindakan. Sementara itu, Sekjan FAM Datuk Hamidin Mohd Amin mengatakan polisi telah menahan lima orang terkait penyerangan. "Laporan polisi telah dibuat dan diharapkan polisi bisa menangkap lagi para perusuh," ucapnya.

"Kami pun telah meminta maaf pada Asosiasi Sepak bola Vietnam (VFA) dan Duta Besar Malaysia atas insiden tersebut. Kami pun sudah berbicara dan VFA memberikan jaminan keamanan di leg kedua nanti," pungkas Amin.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5886 seconds (0.1#10.140)