Wapres Minta Peserta AUG 2014 Tingkatkan Prestasi

Kamis, 11 Desember 2014 - 02:16 WIB
Wapres Minta Peserta AUG 2014 Tingkatkan Prestasi
Wapres Minta Peserta AUG 2014 Tingkatkan Prestasi
A A A
PALEMBANG - Upacara pembukan ASEAN University Games (AUG) XVII/2014 Palembang berlangsung spektakuler. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) bermandikan cahaya pada puncak pembukaan, Rabu (10/12/2014) malam waktu setempat. Wakil Presiden (Wapres) Muhammad Jusuf Kalla yang membuka secara resmi event tersebut meminta peserta AUG 2014 meningkatkan prestasi dan menjaga harmoni hubungan antar-negara.

"Selamat datang para mahasiswa se-ASEAN di Indonesia. Saya harap kalian dapat meningkatkan prestasi dan menjaga keharmonisan hubungan antar-negara se-ASEAN," ujar Wapres yang biasa disapa JK itu.

JK juga meminta menjunjung tinggi sportivitas. Dengan membuka acara JK pun berterimakasih kepada utusan para petinggi negara yang telah hadir di Palembang. "Dengan ini saya resmi bukan ASEAN University Games 2014 di Palembang dan selamat bertanding," pungkasnya.

JK membuka event dengan menerima obor dari atlet asal Sumsel Denny Aprisani (peraih emas AUG XVI di Laos). JK meletakkan obor dengan disambut laser dan kembang api bersamaan menyalanya api (AUG) XVII/2014 sebagai penanda telah dibukannya acara.

Sebanyak 600 penari menggunakan kostum LED warna-warni silih berganti menampilkan nuansa gemerlap. Lampu stadion tiba-tiba gelap, namun sontak tarian sinar laser menembus kegelapan menuju angkasa.

Tak pelak langit di atas stadion menjadi terang dan membuat takjub para penonton yang hadir pada pembukaan itu. Warna-warni yang mencar dalam biasa cahaya sesuai menggambarkan kesegeran peserta pentas olahraga yang merupakan mahasiswa se-ASEAN.

Lagu pembuka Nakal dari Band GIGI mampu membius para penonton. Ketika lirik lagu keluar dari suara emas Arman Maulana api besar dari sudut panggung seperti membakar. Diikuti 600 kostum penari berubah warna menjadi merah.

Penonton telah hadir sejak pukul 14.00 WIB tidak beranjak dari tempat duduknya hingga pukul 21.30 WIB. Pesta kembang api menutup pembukaan AUG 2014 di Palembang. Artis pendukung lainya, Dewi Gita, Andy Rif, RAN dan Ira Swara turut menghibur para penonton.

Sementara itu Gubernur Sumsel H Alex Noerdin melaporkan, sebanyak 11 negara terdiri dari Brunei, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, Vietnam, dan tuan rumah Indonesia telah mengirimkan atlet terbaiknya.

"Beberapa hari yang lalu beragam bertandingan telah dilaksanakan. Hari ini resmi Palembang siap melaksankan event olahraga mahasiswa se-ASEAN,"pungkasnya.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7339 seconds (0.1#10.140)