Lolos Lubang Jarum

Jum'at, 12 Desember 2014 - 09:47 WIB
Lolos Lubang Jarum
Lolos Lubang Jarum
A A A
ROMA - Manchester City hanya masuk posisi 2 besar Grup E Liga Champions sekali. Beruntung pasukan Manuel Pellegrini melakukannya pada matchday penutup. Peringkat 3, 3, 3, 4, dan 4 adalah tempat The Citizensbernaung pada lima pertandingan babak grup.

Diiringi kekalahan 0-2 CSKA Moskva di hadapan Bayern Muenchen, mereka akhirnya merangsek naik seusai menumbangkan AS Roma 2-0 di Olimpico dini hari kemarin. Man City pun sukses merebut status runner-up dan menemani Bayern pada fase knock-out. Sebuah capaian dramatis. Terlebih, mengingat rekor Man City kurang baik di tanah Italia. Mereka tidak pernah berjaya pada empat kunjungan sebelumnya.

Membuat tugas semakin berat, trio Sergio Aguero, Vincent Kompany, dan Yaya Toure tidak bisa bermain karena berbagai alasan. Sementara David Silva cuma merumput sekitar 20 menit setelah terkena masalah lutut pada duel kontra Everton, 29 Oktober lalu. Kondisi ini toh nyatanya tidak menjadi penghalang. Meski tuan rumah menekan pada awal pertandingan, Samir Nasri dan Pablo Zabaleta berhasil menciptakan gol yang memastikan langkah mereka ke perdelapan final.

”Kemampuan melewati periode menantang ini menunjukkan karakter kami. Ke depannya kami pasti makin membuktikan kualitas seiring pulihnya Kompany dan Silva,” kata kiper Joe Hart dilansir Sky Sports. Lolos dari lubang jarum, Man City berharap dewi fortuna kini menaungi mereka saat undian putaran 16 besar digelar Senin (15/12).

Mereka patut berdoa agar terhindar lawan berat. Bagaimana tidak, The Citizensselalu kurang beruntung menyangkut hal ini sejak berpartisipasi di Liga Champions. Musim 2011/2012 mereka mesti saling sikut melawan Bayern, SS Napoli, dan Villarreal. Dalam persaingan sengit, Man City akhirnya gagal melaju ke babak berikutnya.

Semusim berselang Hart dkk dipasangkan bersama Real Madrid, Borussia Dortmund, serta Ajax Amsterdam. Mereka pun kembali tersingkir cepat. Baru pada 2013/2014 Man City sedikit lebih baik. Mereka ”cuma” bersua Bayern di grup dan tampil pada perdelapan final untuk pertama kali. Namun, mereka dipertemukan dengan Barcelona dan kalah agregat 1-4.

Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, AS Monaco, Borussia Dortmund, dan FC Porto adalah calon penghalang The Citizenspada 16 besar musim ini. Di atas kertas lawan termudah adalah Monaco. ”Saya tidak tahu seberapa jauh kami akan melangkah. Yang jelas, target awal yakni masuk putaran gugur Liga Champions terwujud. Semua tergantung bagaimana kondisi kami Februari tahun depan, ketika kompetisi bergulir lagi. Kalau semua dalam kondisi terbaik, saya kira peluang menjadi juara tetap ada,” pungkas Nasri.

Harley ikhsan
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6611 seconds (0.1#10.140)