Kejeniusan di Uji

Selasa, 16 Desember 2014 - 10:52 WIB
Kejeniusan di Uji
Kejeniusan di Uji
A A A
DERBY - Chelsea butuh kejeniusan Jose Mourinho saat menjalani padatnya jadwal pertandingan akhir tahun ini. Ujian Mourinho dimulai saat Chelsea melakoni babak kelima Piala Liga kontra Derby County di iPro Stadium dini hari nanti.

Sejauh ini Chelsea tengah berada dalam bentuk permainan terbaik. Mereka kukuh di puncak klasemen sementara Liga Primer dan memastikan lolos ke babak knock-out Liga Champions musim ini. Klub asal London Barat itu juga tampil pada babak ketiga Piala FA.

Tampil di empat kompetisi berbeda tentu bukan faktor mudah, khususnya dalam merotasi pemain demi mempertahankan tren apik yang tengah terjalin. Di sinilah, sosok Mou, sapaan Mourinho, dituntut berpikir ekstrakeras menggunakan tenaga pemainnya. Pelatih asal Portugal itu diharapkan bisa menjaga euforia The Blues, julukan Chelsea, mencapai ekspektasi lebih musim ini.

Maklum, setelah menghadapi Derby, Chelsea akan menghadapi empat pertandingan Liga Primer dengan jadwal superpadat alias bakal menjalani Boxing Day. Mereka bakal berhadapan dengan Stoke City, Selasa (23/12), West Ham United, Jumat (26/12), Southampton, Minggu (28/12), dan Tottenham Hotspur pada 2 Januari 2015. Namun, Mou belum mau membahas itu terlalu jauh.

Mantan pelatih Inter Milan itu ingin serius menanggapi pertandingan kontra Derby terlebih dahulu. Apalagi, pelatih berusia 51 tahun itu ingin membawa Chelsea merebut semua gelar musim ini, salah satunya Piala Liga. Gelandang Chelsea Cesc Fabregas membenarkan bahwa pelatihnya berjuluk The Special Onetersebut berambisi mengantarkan Chelsea ke level lebih tinggi.

”Tidak membutuhkan waktu lama untuk mengetahui pelatih (Mourinho) adalah seorang pemenang. Dia ingin memenangkan semua kejuaraan. Dia telah mengatakan kepada kami bahwa dirinya ingin meraih gelar Piala Liga. Itu adalah trofi pertama yang mungkin kami raih musim ini dan dia sangat menginginkannya,” kata Fabregas, dilansir Mirror.

Fabregas bahkan yakin Mou akan tetap menyertakan pemain-pemain utama guna meraih kemenangan sekaligus melaju ke babak semifinal, meski cedera yang dialami Thibaut Courtois membuat posisi penjaga gawang akan diisi Petr Cech. Di lini tengah, Mou kemungkinan akan menurunkan Fabregas setelah absen kontra Hull City akibat akumulasi kartu.

Pemain asal Spanyol itu diharapkan memudahkan pekerjaan Didier Drogba, Loic Remy, ataupun Diego Costa di lini depan. Cech menambahkan, peluang Chelsea meraih gelar Piala Liga terbuka lebar lantaran timnya berada dalam performa terbaik dan memiliki pemain-pemain berkualitas.

”Sulit mengatakan kapan masa terbaik Chelsea karena tim ini telah meraih banyak gelar. Tim ini memiliki potensi besar dan bermain baik sepanjang musim ini. Kami berada di puncak klasemen Liga Primer dan telah menunjukkan penampilan gemilang,” ungkapnya. Namun, Cech meminta rekan-rekannya tidak jemawa. Penjaga gawang asal Republik Ceko tersebut menilai Derby merupakan lawan yang sulit, terlebih akan tampil di hadapan pendukung Derby di iPro Stadium.

”Mereka (Derby) adalah tim yang bagus. Meski, kami pernah bermain di iPro Stadium dan mengalahkan mereka 2-0 di Piala FA musim lalu. Itu adalah pertandingan yang sulit. Kami harus mengerahkan seluruh kemampuan terbaik bila ingin lolos ke babak selanjutnya,” pungkasnya.

Alimansyah
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7165 seconds (0.1#10.140)