Menekan Wasit

Senin, 22 Desember 2014 - 11:10 WIB
Menekan Wasit
Menekan Wasit
A A A
STOKE - Pelatih Jose Mourinho memiliki harapan khusus saat Chelsea berhadapan Stoke City dini hari nanti. Dia ingin wasit Neil Swarbrick yang memimpin pertandingan di Britannia Stadium tersebut menjalankan tugasnya dengan baik.

Mou merasa timnya sering dirugikan oleh buruknya kinerja wasit. Puncak kekesalan pelatih asal Portugal itu semakin menjadi ketika Chelsea mengalahkan Hull City, Sabtu (13/12). Chris Foy yang bertugas memberikan kartu kuning kepada Diego Costa lantaran dianggap melakukan diving. Itu merupakan kartu kuning ketujuh yang diterima Costa sepanjang musim ini.

Menurut Mou, wasit kerap melakukan keputusan keliru, khususnya ketika berada di area kota penalti. Dia menilai, seharusnya wasit melakukan penilaian objektif sebelum mengambil keputusan untuk menjatuhkan hukuman.

”Wasit yang baik dapat memahami apa yang dimaksud dengan agresivitas dan memahami aturan-aturan permainan. Hanya Wasit yang baik dan berpengalaman yang mengerti hal itu. Apa yang terjadi di area kotak penalti dalam sebuah pertandingan membutuhkan keputusan penting mengenai apa itu agresivitas dan apa yang terjadi di luar aturan permainan,” kata Mou, dilansir Guardian.

Komentar Mourinho otomatis menciptakan sorotan pada Swarbrick. Sepanjang musim ini pengadil asal Preston itu telah memimpin delapan laga Liga Primer. Total, dari 13 pertandingan, dia telah mengeluarkan 58 kartu kuning dan 2 kartu merah. Rekam jejak Swarbrick yang ”gemar” mengeluarkan kartu rupanya tidak membuat Mou khawatir.

Juru taktik berusia 51 tahun itu yakin wasit dapat menjalankan tugasnya dengan baik sehingga timnya dapat berkonsentrasi penuh untuk mengerahkan seluruh kemampuan terbaik. ”Kami mengetahui akan sangat sulit bagi setiap tim untuk melawan Stoke. Saya kira mereka memiliki pandangan serupa terhadap kami.

Tetapi, saya tidak merasa khawatir karena wasit berada di sana untuk menilai agresivitas sebuah permainan,” paparnya. Chelsea wajib meraih kemenangan jika ingin menjaga jarak atas para rival. Manchester City sukses menyamai perolehan poin mereka setelah mengalahkan Crystal Palace 3-0, Sabtu (20/12). Sementara Manchester United terus menguntit di posisi 3, meski hanya bermain 1-1 dengan Aston Villa.

Alimansyah
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6727 seconds (0.1#10.140)