Ujian Calon Juara

Kamis, 25 Desember 2014 - 12:00 WIB
Ujian Calon Juara
Ujian Calon Juara
A A A
LONDON - Pelatih Chelsea Jose Mourinho sesumbar armadanya punya kualitas untuk menjadi kampiun Liga Primer musim ini. Untuk membuktikannya, dia harus memastikan pasukannya mampu melewati jadwal padat pada periode Natal dan tahun baru yang sudah di depan mata.

Sebanyak 17 pertandingan berhasil dilewati Chelsea pada kampanye mereka di Liga Primer musim ini. Dari periode tersebut, hanya empat kali The Blues kehilangan angka lantaran menuai 3 hasil seri dan 1 kekalahan. Total 42 poin berhasil diraih, yang menempatkan mereka duduk manis di singgasana sementara, dengan selisih tiga angka dari Manchester City di peringkat 2.

Meski sempat sekali terpeleset saat kandas 1-2 di St James Park, markas Newcastle United, Sabtu (6/12), Chelsea mampu langsung bangkit meraih empat kemenangan beruntun di semua kompetisi dengan mencetak total 10 gol. “Saya suka reaksi tim setelah kalah. Saya merasa kami bisa melakukannya (meraih titel Liga Primer). Kami siap untuk itu,” ucap Mou, sapaan Mourinho, saat diwawancarai Clare Balding yang akan ditayangkan di BT Sport pada hari Natal, dikutip Daily Mail.

Tantangannya, Mou harus memastikan pasukannya terus konsisten di sisa lima bulan ke depan, terutama dalam melakoni jadwal padat pada periode Natal dan Tahun Baru. Dalam episode tersebut, Chelsea harus melakoni tiga pertandingan dalam tempo delapan hari. Besok, John Terry dkk harus menjamu West Ham United, sebelum melakoni dua laga away di markas Southampton, Minggu (28/12), dan Tottenham Hotspur, 1 Januari mendatang.

Itu pun belum termasuk menjamu Watford pada babak ketiga Piala FA, 4 Januari nanti. “Kami sudah mempersiapkan segalanya. Kami sangat percaya kami bisa melakukannya. Pada waktu yang sama kami harus tetap menginjakkan kaki di tanah. Anda harus paham negara tempat kami bermain. Level kompetisi di sini membuat segalanya lebih sulit dari di mana pun,” papar Mou.

Pada Boxing Day besok, Mou memang harus putar otak untuk menjinakkan West Ham United. Derby London kali ini memang tak sebesar saat Chelsea bertemu Arsenal atau Tottenham. Namun, melihat performa The Hammers musim ini yang mampu menembus 4 besar klasemen tentu menjadi warning tersendiri buat para lawan.

“Ini bisa jadi lebih indah karena setiap poin, laga, dan pekan menyimpan emosi dari awal sampai akhir. Kami pesaing juara. Kami salah satu tim terbaik. Kami tim yang memainkan sepak bola lebih baik dan tentu lawan besar,” ungkap Mou. Di pihak lain, West Ham siap datang dengan optimisme tinggi.

Paling tidak kepercayaan diri terungkap dari pernyataan striker The Hammers Andy Carroll. Dia menegaskan, Pelatih West Ham Sam Allardyce sudah menyiapkan strategi khusus untuk menghentikan laju The Blues. “Allardyce tahu bagaimana mengalahkan para manajer dan taktik mereka. Dia tahu apa yang mereka akan lakukan menghadapi kami. Ini hanya bagaikan permainan catur,” ucap Carroll, dilansir Mirror.

Ya, di tangan Big Sam, sapaan Allardyce, West Ham tampil luar biasa. Carroll dkk sempat mengalahkan Man City 2-1 dan Liverpool 3-1 di Boleyn Park. Total, mereka meraih 9 kemenangan, 4 seri, dan hanya 4 kali kalah dalam 17 penampilan musim ini. Sontak peringkat 4 dengan nilai 31 membuat mereka jadi salah satu tim kejutan musim ini, selain Southampton.

“Ini taktik berbeda, tim berbeda. Allardyce tak pernah menampilkan strategi yang sama setiap pekan. Yang pasti, dia selalu ingin menang. Kami punya banyak dimensi dalam menyerang. Kami bisa melakukan segalanya. Itulah kualitas kami saat ini,” tandas Carroll.

Abdul haris
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5371 seconds (0.1#10.140)