Pemain Terbaik Amerika Latin

Minggu, 28 Desember 2014 - 12:08 WIB
Pemain Terbaik Amerika Latin
Pemain Terbaik Amerika Latin
A A A
MADRID - Tahun ini bisa dibilang fase tertinggi pesepak bola Kolombia James Rodriguez. Mencuat pada Piala Dunia 2014, Rodriguez kemudian dipinang klub top dunia, Real Madrid.

Atas prestasinya itu, dia pun dinobatkan sebagai atlet terbaik Benua Amerika tahun ini oleh Internasional Sports Press Association of Amerika (AIPS). Sepak terjang Rodriguez memang baru terlihat saat berseragam Los Cafeteros, julukan Kolombia, pada Piala Dunia 2014. Gelandang serang berusia 23 tahun itu bahkan dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak ajang itu dengan catatan enam gol.

Walau akhirnya langkah Rodriguez bersama Kolombia terhenti di babak perdelapan final, setelah kalah dari tuan rumah Brasil, namanya tidak lantas terkubur. Buktinya, dia langsung dibajak Madrid dari klub lamanya, AS Monaco dengan mahar mencapai 63 juta pounds atau setara (Rp1,2 triliun).

“Real Madrid telah mencapai kesepakatan dengan AS Monaco untuk membeli James Rodriguez, yang akan bergabung dengan Madrid sampai enam musim ke depan,” demikian pernyataan situs resmi Madrid, setelah memastikan mengikat pemain kelahiran Cucuta, Kolombia, tersebut.

Berhasil mengenakan seragam kebesaran Los Blancos, julukan Madrid, tidak lantas membuat Rodriguez mudah beradaptasi dengan tim besutan Carlo Ancelotti tersebut. Sebagian besar orang saat itu bahkan pesimistis dengan karier pemain bernama lengkap James David Rodriguez Rubio itu di Santiago Bernabeu.

Prediksi itu mungkin beralasan, apalagi melihat melimpahnya stok pemain bintang yang dimiliki pengoleksi 10 gelar Liga Champions tersebut. Sebut saja sang megabintang Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, Karim Benzema, Luka Modric, dan kehadiran Toni Kross yang didatangkan Madrid dari Bayern Muenchen pada awal musim. Tapi sekali lagi, Rodriguez tidak melihat itu sebagai penghalang.

Faktanya, Rodriguez menjadi salah satu pemain yang sering tampil di ajang Primera Liga musim ini. Dengan 14 caps, dirinya sejajar dengan Ronaldo sebagai top skor Madrid (25 gol). Selain Ronaldo, Isco dan Marcelo merupakan dua pemain lain yang memiliki jumlah laga seperti Rodriguez.

Hal itu berimbas dengan hadirnya satu per satu gelar bagi Madrid dan Rodriguez yang jelas sumringah atas pencapaian tersebut. Los Blancos sejauh ini telah merebut gelar Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub tahun ini. Tidak hanya itu, Rodriguez juga sedang menunggu prestasi individu, yaitu FIFA Puskas Award 2014.

Untuk meraih gelar itu, Rodriguez masih harus bersaing dengan penyerang Manchester United (MU) asal Belanda Robin van Persie dan penyerang timnas wanita Republik Irlandia Stephanie Rocha. FIFA Puskas Award adalah penghargaan bagi pencetak gol tahunan terbaik.

Decky irawan jasri
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7534 seconds (0.1#10.140)